Sukses

Anies Baswedan Ziarah ke Makam Pahlawan KH Ahmad Sanusi di Sukabumi

Anies Baswedan ziarah ke makam pahlawan KH Ahmad Sanusi di Sukabumi, ungkap jadi sosok sahabat mendiang sang kakek Abdurrahman Baswedan.

Liputan6.com, Sukabumi - Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedan disambut ribuan santri dan masyarakat di Pondok Pesantren Syamsul Ulum, Kota Sukabumi. Sekaligus berziarah ke makam pahlawan KH Ahmad Sanusi, Senin (20/09/2023).

KH Ahmad Sanusi diketahui juga merupakan pendiri Pondok Pesantren Syamsul Ulum yang sudah berdiri sejak tahun 1994 dan berlokasi di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. 

Anies mengungkap, pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, mendiang sang kakek Abdurrahman Baswedan (AR Baswedan) merupakan sahabat perjuangan bersama KH Ahmad Sanusi, sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

"Beliau anggota BPUPKI bersamaan dengan kakek kami AR Baswedan. Alhamdulillah mereka adalah sahabat ketika masa perjuangan menuju kemerdekaan dan di masa itu persahabatan mereka karena kecintaan pada Indonesia, pada niat untuk melakukan jihad untuk Indonesia merdeka," ujar Anies.

Dirinya berujar, kunjungan ziarah tersebut jadi momen silaturahmi dengan keluarga KH Ahmad Sanusi sebagai sesama cucu dari tokoh pahlawan.

"Hari ini kami meneruskan silaturahmi itu dengan keluarga bertemu dengan cucu, keluarga besar, menyambung silaturahmi sekaligus juga kami meneruskan dengan ziarah kubur," ujarnya.

Tokoh pahlawan KH Ahmad Sanusi ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Pemerintah Pusat pada 7 November 2022. Penyerahan gelar pahlawan itu berlangsung di Istana Negara.

Sementara, Pembina Ponpes Syamsul Ulum sekaligus cucu dari KH Ahmad Sanusi, Neni Fauziah menuturkan, kunjungan pria yang disebut bakal calon presiden ini merupakan silaturahmi sebagai sesama cucu.

"Beliau berkunjung ke sini dalam rangka silaturahmi karena ada kesamaan, beliau cucu pahlawan nasional dan kami pun sama. Beliau ingin merajut kembali silaturahmi orang tua, sehingga tidak pernah putus hubungan. Beliau insyaallah melanjutkan," kata Neni.

Saat disinggung soal dukungan terkait Bacapres, Neni menyebut pihaknya menyambut baik siapa pun yang berkunjung untuk berziarah ke makam mendiang kakek KH A Sanusi. 

"Semoga berharap apa yang dicita-citakan beliau ada dalam ridho Allah SWT. (Mendukung bacapres?), Tidak seperti itu, hanya minta doa agar perjalanan beliau itu selamat," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini