Sukses

5 Aktivitas Wisata Menarik di Raja Ampat

Berikut aktivitas wisata Raja Ampat yang menarik.

Liputan6.com, Papua - Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di indonesia. Tempat wisata bahari ini terkenal akan keindahan ekosistem lautnya.

Raja Ampat menjadi tempat berlibur impian wisatawan domestik hingga mancanegara. Keindahan pulau di Papua Barat ini pantang untuk dilewatkan.

Di Raja Ampat, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang menarik. Dikutip dari berbagai sumber, berikut aktivitas wisata Raja Ampat yang menarik.

1. Diving di Batu Lima

Raja Ampat terkenal memiliki banyak tempat diving yang indah. Salah satu tempat diving yang populer adalah Batu Lima.

Kawasan Batu Lima di Selat Dampier ini sangat cocok bagi para penyelam pemula. Spot diving ini memiliki kedalaman menyelam sekitar 24 meter dan menyuguhkan kondisi arus yang bermacam-macam.

Namun tenang, keadaan arus yang ada di sana tidak terlalu kuat, karena ada banyak batu karang yang berukuran besar di dasar laut untuk menghalaunya.Hanya menyelam beberapa meter saja, wisatawan sudah bisa menemukan terumbu karang cantik berwarna ungu dengan jelas.

Tak hanya itu, aneka makhluk laut pun hadir di sini, termasuk si langka Hiu Blacktip Reef.

2. Memberi Makan Hiu di Piaynemo

Aktivitas wisata menarik yang dapat dilakukan di Raja Ampat selanjutnya adalah memberi makan ikan hiu di Piaynemo. Piaynemo merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Kepulauan Raja Ampat dengan gugusan pulau karang yang memesona.

Lokasinya sendiri berada di Groot Fam, Saukabu, Kepulauan Raja Ampat. Tak hanya menyajikan gugusan pulau karangnya saja, Piaynemo juga memiliki penangkaran hiu liar di sekitar pulaunya.

3. Trekking di Wasai, Kabui, dan Piaynemo

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas outdoor, trekking di Raja Ampat dapat menjadi pilihan. Sebagai pulau yang memiliki ragam wisata alam, Raja Ampat menyimpan spot-spot trekking yang menarik.

Beberapa tempat yang memiliki rute trekking menarik adalah Waisai, Kabui dan Piaynemo. Tempat-tempat trekking tersebut akan langsung menyuguhkan pesona Raja Ampat dari ketinggian berupa bentangan gugusan pulau-pulau kecil di tengah laut yang tenang berwarna biru.

Rute trekking tersebut tidak serta merta tersedia. Wisatawan akan ditantang untuk membuat jalur sendiri.

Tak jarang, wisatawan akan bertemu dengan hewan-hewan maupun tumbuhan yang membuat terkejut. Tetapi jangan khawatir, semuanya aman dan tidak akan sia-sia ketika melihat pesona alam Raja Ampat yang begitu indah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batanta

4. Bersantai di Air Terjun Batanta

Air Terjun Batanta yang berlokasi di Pulau Batanta, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Sebelum melihat keindahan air terjun ini, wisatawan harus menjelajahi pedalaman hutan terlebih dahulu selama kurang lebih sekitar 1 km. Meski jaraknya cukup jauh, wisatawan tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan beragam keindahan alam berupa pepohonan hijau dengan suasana yang sejuk.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini, terlihat begitu megah. Aliran air mengalir di sekitar batu besar, sehingga menghasilkan pesona yang eksotis.

Keunikan yang dimiliki air terjun ini yaitu adanya gua kecil yang berada di balik air terjun tersebut. Di dalamnya, wisatawan dapat bersantai di balik aliran air yang mengalir.

5. Bird Watching di Saprokren

Bagi wisatawan yang menyukai binatang khususnya burung, bird watching di Saprokren, Waigeo Selatan dapat menjadi aktivitas yang menarik. Wisatawan dapat melihat secara langsung beragam jenis burung, termasuk burung asli Papua yaitu cendrawasih.

Sebelum mencapai lokasinya, wisatawan harus menjelajahi hutan Pulau Sawinggrai terlebih dahulu. Di dalam hutan, perjalanan para wisatawan akan ditemani burung-burung yang menampakkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini