Sukses

Indonesia Juara Umum FOX'S Indonesia Para Badminton International 2023

Para atlet Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum setelah sukses merain 12 medali emas dari total 17 kategori yang dipertandingkan dalam turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International 2023 di GOR Sritex Arena, Solo.

Liputan6.com, Solo - Indonesia kembali sukses mempertahankan gelar juara dalam ajang FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023. Atlet-atlet Indonesia sukses meraih 12 emas dari 17 kategori yang dipertandingkan dalam turnamen para badminton bergengsi itu.

Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Senny Marbun sangat bersyukur karena skuad Merah Putih kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum dengan meraih 12 medali emas dalam turnamen yang didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation. Raihan tersebut akan menjadi suntikan motivasi para atlet untuk berlaga di Asian Para Games Huangzhou 2023 dan Paralimpiade Paris 2024.

"Kesuksekan para atlet mempertahankan gelar juara umum merupakan sinyal positif bahwa kita siap menghadapi kompetisi yang lebih besar lagi. Karena sejak awal turnamen ini juga dimaksudkan menjadi ajang mengasah mental dan strategi menghadapi Asian Para Games dan Paralimpiade," kata dia di GOR Sritex Arena, Solo, Minggu (10/9/2023).

Turnamen yang diikuti ratusan atlet dari 16 negara itu, torehan medali emas di antaranya disumbangkan oleh nomor ganda campuran SL 3 – SU 5 yang pada partai pamungkas terjadi all Indonesian final antara Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila versus Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah. Perang saudara itu dimenangkan Hikmat/Rati dengan skor 21-10, 21-11.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumbang 3 Medali Emas

Selain sukses meraih emas di sektor tersebut, Ratri juga menyumbangkan medali emas melalui nomor tunggal putri SL 4 setelah mengalahkan wakil India, Vaishnavi Puneyani melalui dua gim. Meski menang dua gim langsung, tetapi Ratri sempat tertinggal di awal gim pertama. Meski demikian dengan performa terbaiknya, atlet peraih medali emas Paralimpiade Tokyo 2020 itu berhasil mengunci kemenangan dengan skor 22-20, 21-14.

"Medali yang saya menangi di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 ini saya persembahkan untuk anak, keluarga dan seluruh masyarakat Indonesia," kata dia.

Selain meraih emas di nomor tunggal putri, ia juga juga menyegel juara lewat klasifikasi ganda putri SL 3 – SU 5 bersama Khalimatus Sadiyah. Total tiga medali emas disumbangkan Ratri dalam turnamen yang masuk kalender turnamen BWF ini.

Keberhasilan menjadi jawara di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 juga diraih Supriadi. Pada turnamen bergengsi ini, ia menyumbangkan dua medali emas untuk tim Merah Putih. Emas pertamanya diraih dari nomor tunggal putra WH 2 setelah berhasil mengalahkan atlet asal India Manjunatha Chikaiah dengan skor 21-4, 21-10.

"Di pertandingan final saya bisa langsung menampilkan permainan terbaik sehingga unggul cepat di gim pertama. Di gim kedua lawan sempat memberikan perlawan tetapi, saya bisa lebih konsisten dan percaya diri. Ini medali emas saya di nomor tunggal putra WH 2," kata Supriadi yang juga meriah emas di nomor ganda WH 1 – WH 2 kala berpasangan dengan Agung Widodo.

 

3 dari 3 halaman

Suntikan Semangat

Sementara itu, Head of Corporate Affairs PT Savoria Kreasi Rasa, Ryne Anggia Prawesti mengucapkan terima kasih kepada para pemenang yang sukses memberikan gelar juara dan bahu-membahu mempertahankan status juara umum. Ia pun berharap kemenangan ini menjadi lecutan semangat dan motvasi agar terus berprestasi di level yang lebih tinggi.

"Setiap harinya selama enam hari penyelenggaraan turnamen ini, kami melihat kilauan energi dari para atlet guna menaklukkan segala limitasi dan menorehkan hasil terbaik di atas arena. Kami berharap, kemenangan dalam turnamen ini menjadi batu loncatan untuk mengukir prestasi yang lebih tinggi di kancah dunia dan harumkan nama Indonesia," harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini