Sukses

Atlet Unggulan Indonesia Moncer pada Hari Pertama FOX'S Indonesia Para Badminton

Sejumlah atlet Indonesia sukses meraih kemenangan di hari pertama turnamen FOX'S Indonesia Para Badminton International 2023 di GOR Sritex Arena, Solo, Selasa (5/9/2023). Indonesia ditargetkan kembali meraih gelar juara umum dalam turnamen para badminton yang diikuti atlet dari 16 negara.

Liputan6.com, Solo - Turnamen internasional FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 resmi bergulir di GOS Sritex Arena, Solo, Selasa (5/9/2023). Sejumlah atlet-atlet unggulan Indoesia sudah mulai menunjukkan taringnya saat berlaga di atas arena pada hari pertama turnamen.

Setelah melalui proses kalisifkasi dan adanya withdraw pemain, tercatat sebanyak 95 atelt dari 16 negara memastikan diri berlaga di kompetisi Grade 2 Level 3 yang berada dalam kalender federasi bulutangkis dunia (WBF).

Salah satu atlet Indonesia yang moncer di hari pertama, yakni Hikmat Ramdani. Ia belum menghadapi perlawanan sulit saat meladeni  pebulutangkis India, Sunil Panwar. Rahmat meraih kemenangan dengan skor 21-9, 21-8.

Seperti diketahui pemain andalan Indonesia itu bertatus juara bertahan dari nomor tunggal putra SL 4 FOX’S Indonesia para badminton Internasional 2022. Ia juga meraih sukses besar di kejuaraan Dunia 2022 di Tokyo saat mendulang medali emas di sektor ganda putra SL 3 – SL 4.

Sedangkan di ASEAN Para Games 2023 Kamboja, pria berusia 22 tahun itu juga menggondol medali emas. Tak hanya itu, Rahmat juga menyabet emas di kejuaraan level 1 BWF di Canada Para Badminton dan 4 Nations Para Badminton International.

Hikmat juga menjadi yang terbaik di turnamen level 2 BWF, yakni Spanish Para Badminton Internationl, Brazil Para Badminton International, Thailand Para Badminton International dan Bahrain Para Badminton International. Seluruh pencapaian Hikmat pada 2023 itu diraihnya lewat nomor ganda campuran SL 3 – SL 5 bersama Leani Ratri Oktila.

"Di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023, Indonesia ditargetkan untuk bisa mempertahankan status juara umum. Tahun ini saya bermain di tiga nomor berbeda SL. Namin, saya lebih diprioritaskan untuk meraih emas dari sektor ganda campuran SL 3 – SL 5. Saya akan berusaha semaksimal mungkin, syukur-syukur juga mendapat emas di nomot tunggal putra dan ganda putra," kata Hikmat di GOR Sritex Arena, Solo, Selasa (5/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

India Saingan Terberat

Selain Hikmat, atlet Indonesia yang berhasil menang pada hari pertama, yakni Supriadi. Ia tampil impresif saat meladeni wakil India, Munna Khalid di sektor tunggal WH 2. Pemain unggulan ketiga di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 itu menang mudah lewat dua gim langsung dengan skor 21-11 dan 21-15.

Sementara itu, kans Indonesia mendulang banyak medali dalam FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 akan diuji di nomow wheelchair 2 (WH 2) oleh India. Betapa tidak, kali ini India akan membawa salah satu atlet terbaik mereka yang berstatus unggulan pertama tunggal putri WH 2, Alphia James.

"Saya bermain di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 untuk pertama kalinya. Namun, saya dapat beradaptasi dan langsung mengeluarkan penampilan terbaik. Saya optimistis sanggup melangkah hingga final dan keluar sebagai juara khususnya di nomor tunggal WH 2," ujar Alphia yang memenangi laga hari perdana atas rekan senegaranya Pallavi Kuluvehalli.

FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 diikuti atlet dari 16 negara, yakni Australia, Bangladesh, India, Indonesia, Iran, Kuwait, Kyrgystan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Timor Leste dan Turki.

Turnamen para badminton yang didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation ini mempertandingkan 14 nomor baik tunggal maupun ganda di sektor WH 1, WH 2, SL 3, SL 4 , SU 5 hingga SS 6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini