Sukses

Potensi Lapangan Kerja Baru, Ini Cara Sandiaga Uno Berdayakan UMKM Belitung Timur

Melalui beberapa program unggulan, pada 2024 terbuka 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di sektor parekraf.

Liputan6.com, Belitung - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan menciptakan lapangan kerja baru. Alasannya, merekalah yang menciptakan lapangan kerja.

“Mereka lah yang bisa menghidupkan ekonomi masyarakat. Belitung Timur memiliki potensi yang sangat besar. Saya melihat bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif ini tulang punggung ekonomi dari Belitung Timur maupun Kabupaten Belitung juga,” ujar Sandiaga Uno saat menghadiri acara Kelana Nusantara di Belitung Timur, Sabtu (2/9/2023), seperti dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Sandiaga Uno, Indonesia akan mengambil peran terdepan untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif yang inklusif, mendorong peran ekonomi kreatif yang lebih besar dalam pemulihan ekonomi global. Melalui beberapa program unggulan, pada 2024 terbuka 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di sektor parekraf.

Adapun program-program yang sudah Kemenparekraf inisiasi yang bekerjasama dengan pemerintah daerah, seperti Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Strategi Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia, Anugerah Desa Wisata, dan lain sebagainya.

“Kemarin di Kabupaten Belitung, Desa Wisata Terong berhasil meraih penghargaan. Saya ucapkan selamat dan mari kerjasama dengan semangat 3G (Gercep, gerak cepat. Geber, gerak bersama, dan Gaspol, garap semua potensi online),” kata Sandiaga Uno.

Pulau Belitung ini sangat dikenal di seluruh wilayah nusantara sebagai Pulau Laskar Pelangi yang kini sudah masuk ke dalam Jadesta (Jejaring Desa Wisata) dengan konsep 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas), dan juga mengadopsi 3SI (Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi).

“Ini adalah langkah yang konkret untuk menciptakan Indonesia maju, sejahtera, adil, dan makmur,” ucap Sandiaga Uno.

Ia mengingatkan, segala upaya tersebut tidak akan berhasil tanpa dukungan dari seluruh pemangku kepentingan, oleh karena itu kami mengajak kepada seluruh stakeholder, khususnya para pelaku di sektor parekraf, pemilik UMKM, pengusaha maupun komunitas dapat bangkit bersama untuk menjadi lokomotif penggerak ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini