Sukses

Kepincut Wisata di Kudus, Pendaki Nafas Tua se-Nusantara Jelajahi Pegunungan Muria

Keberadaan wisata yang berada di lereng Pegunungan Muria ini, dilengkapi berbagai spot foto Instagramble. Selain itu, menyuguhkan panorama alam yang masih alami dan menawan. Karena lokasinya berada di lereng gunung, tentunya membuat objek Wisata Ternadi ini memiliki udara sejuk khas pegunungan.

Liputan6.com, Kudus - Selain terkenal sebagai destinasi wisata religi yakni makam Sunan Kudus dan Sunan Muria, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah juga memiliki sejumlah tempat wisata alam yang unik serta menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata alam tersebut adalah Wana Wisata Ternadi.

Keberadaan wisata yang berada di lereng Pegunungan Muria ini, dilengkapi berbagai spot foto Instagramable. Selain itu, menyuguhkan panorama alam yang masih alami dan menawan. Karena lokasinya berada di lereng gunung, tentunya membuat objek Wisata Ternadi ini memiliki udara sejuk khas pegunungan.

Dengan magnet keindahan alam yang dimiliki obyek wisata alam yang berada di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kudus ini, menarik perhatian Pendaki Nafas Tua (Penat) untuk menggelar peringatan hari ulang tahun (HUT) kedua komunitas pecinta alam yang memiliki ribuan anggota yang tersebar di penjuru Nusantara.

“Dengan potensi sejuta pesona alam Muria, kami akhirnya memilih peringatan HUT ke 2 Penat diselenggarakan di Wana Wisata Ternadi Kudus selama dua hari, yakni sejak Sabtu (2/9/2023) dan Minggu (3/9/2023),” ujar Sherly Widya Pitoyo selaku Wakil Ketua Penat Koordinator Wilayah Kudus kepada tim Liputan6.com.

Sherly Widya Pitoyo mengatakan, Penat merupakan sebuah wadah perkumpulan dari berbagai komunitas pegiat alam bebas di penjuru Nusantara. Hingga saat ini, ada sekitar 35.074 anggota aktif yang terpantau di media sosial Facebook.

“Deklarasi Penat sebagai wadah perkumpulan pecinta alam didirikan pada 28 Agustus 2021 di Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kebetulan pada peringatan HUT ke 2 tahun ini, Penat Korwil Kudus menjadi tuan rumahnya,”  kata Sherly yang juga berprofesi sebagai perawat di RSUD Loekmonohadi Kudus ini.

Dalam kegiatan HUT Penat ke 2 tahun 2023 ini, imbuh Sherly, ada sekitar seribuan orang anggota pecinta alam berbagai kota di Indonesia datang di Bumi Perkemahan Ternadi. Mereka berasal dari Bali, Jawa Timur, Solo Raya dan area Jabodetabek. Selain itu dihadiri juga anggota Penat dari Medan, Padang dan wilayah Sumatara.

Dalam even pencinta alam berskala nasional itu, Sherly dan panitia lainnya memanfaatkanya sebagai ajang promosi potensi wisata dan kuliner yang dimiliki Kabupaten Kudus. Diantaranya kopi Robusta dan pecel daun pakis khas Pegunungan Muria. 

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Wana Wisata Ternadi Kudus

Tempat wisata instagramable yang berada di Pegunungan Muria ini, memiliki sejumlah fasilitas layaknya tempat wisata populer di Jawa Tengah. Diantaranya sejumlah spot foto untuk mengabadikan momen bersama. Seperti spot foto perahu kayu, matahari raksasa, gardu pandang yang menghadap langsung ke Pegunungan Muria.

Tak hanya itu saja, sejumlah fasilitas umum juga sudah disiapkan dengan baik di lokasi wisata yang yang dikelola pihak Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Pati. Fasilitas yang tersedia berupa area parkir, toilet, mushola, gazebo, taman bunga, warung makan dan area pendopo yang luas.

Untuk rute menuju wisata Ternadi Kudus, bisa ditempuh dari pusat Kota Kudus menuju arah utara, yakni Pegunungan Muria tepatnya di Desa Piji, Kecamatan Dawe Kudus. Jam operasional wisata Ternadi dibuka selama 24 Jam. Tempat tersebut juga sebagai bumi perkemahan Ternadi, yang biasa digunakan sekolah sekolah untuk tempat kemah. (Arief Pramono)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.