Sukses

Tingkatkan Budaya Literasi, Polres Meranti Sulap Kapal Patroli Jadi Perpustakaan Apung

Polres Kepulauan Meranti menyulap kapal patroli perairan menjadi Kapal Pintar Perpustakaan Apung untuk mendistribusikan ratusan buku ke daerah pelosok dan pulau terluar.

Liputan6.com, Pekanbaru - Polres Kepulauan Meranti menyulap kapal patroli perairan menjadi Kapal Pintar Perpustakaan Apung. Berisi ratusan buku ragam pengetahuan, kapal ini akan mendistribusikannya ke daerah pelosok, bahkan pulau terluar Indonesia di kabupaten termuda di Riau itu.

Kepala Polres Kepulauan Meranti Ajun Komisaris Besar Andi Yul Lapawesean Tenri Guling SIK menjelaskan, program ini merupakan bagian Polri peduli literasi. Sasarannya adalah daerah pelosok untuk meningkatkan literasi anak negeri.

Program ini serentak dilaksanakan di seluruh Polres di Nusantara. Untuk di Meranti, kapal langsung dioperasikan oleh Satuan Polisi Air Polres Kepulauan Meranti.

"Layanan perpustakaan apung ini sebagai bentuk kepedulian Polri yang ikut berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa," kata Andi Yul di Pos Polairud, Jalan Tebingtinggi Selatpanjang, Kamis siang, 31 Agustus 2023.

Andi Yul menerangkan, inovasi ini bertujuan mengajak mengajak anak-anak gemar membaca buku sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan. Kapal patroli kemudian diubah menjadi lingkungan ramah anak.

"Ada 550 buku ragam berbagai ilmu pengetahuan, semoga ini dapat menggugah anak-anak yang berada di pesisir agar gemar membaca," jelas Andi Yul.

Andi Yul juga memerintahkan awak Perpustakaan Apung singgah di berbagai dermaga mengajak masyarakat dan anak-anak membaca buku. Hal ini juga sudah dikoordinasikan ke Bhabinkamtibmas di beberapa pulau.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Bhabinkamtibmas

Sebelumnya, para Bhabinkamtibmas juga membuat inovasi perpustakaan keliling menggunakan sepeda motor patroli yang mendistribusikan buku kepada masyarakat serta anak-anak di daerah terpencil.

"Hal tersebut dilakukan Brigadir Khairi dan Aiptu Andri Kurniawan, saya harapkan tidak hanya dua orang tapi ada 49 orang Bhabinkamtibmas melakukannya juga, menciptakan hal-hal baru dan inovasi untuk kegiatan pendidikan," ungkap Kapolres.

Program ini diapresiasi Ketua DPRD Kepulauan Meranti H Fauzi Hasan. Dia menyebut Kapolres Andi Yul sudah banyak melakukan inovasi, mulai dari penanganan stunting hingga pendidikan.

"Kalau dalam langkah politik, kami sudah tertinggal jauh apa yang dilakukan pihak Polres saat ini, pokoknya kami salut dengan program ini," ucapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar juga mengapresiasi program yang dilaksanakan Polres Kepulauan Meranti itu. Dia menyebut inovasi ini meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kecerdasaan serta budaya gemar membaca.

Asmar menyebut perpustakaan merupakan upaya mencerdaskan masyarakat sebagai sarana belajar sepanjang hayat. Keberadaannya merupakan ide strategis sebagai pusat kegiatan belajar yang akan mencerdaskan masyarakat.

"Pentingnya perpustakaan sebagai wahana belajar telah disadari oleh pemerintah sehingga program revitalisasi perpustakaan telah ditetapkan sebagai salah satu prioritas rencana kerja pemerintah sampai dengan sekarang," tuturnya.

Pemerintah daerah, ungkap Asmar, siap mendukung dan bekerjasama dalam program perpustakaan apung yang digagas oleh Polres Kepulauan Meranti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini