Sukses

Tak Hanya Pantai Ayah, Ini 5 Pantai di Kebumen yang Wajib Dikunjungi

Tak hanya Pantai Ayah, banyak wisata pantai indah di Kebumen yang bisa dijelajahi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Berbicara soal wisata Kebumen biasanya yang terlintas adalah Gua Jatijajar atau Pantai Ayah. Namun, Kebumen tak hanya unggul dengan dua destinasi wisata tersebut.

Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, juga memiliki berbagai destinasi wisata menarik lainnya, termasuk pantai. Tak hanya Pantai Ayah, banyak wisata pantai indah di Kebumen yang bisa dijelajahi.

Mengutip dari visitjawatengah.jatengprov.go.id, berikut 5 pantai Kebumen yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Pedalen

Pantai Pedalen bisa menjadi alternatif tujuan selain Pantai Ayah karena lokasinya yang berdekatan. Pantai Pedalen berada di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.

Pantai Pedalen kerap disebut sebagai pantai nelayan karena terdapat deretan perahu milik nelayan yang bersandar di bibir pantai. Selain itu, di sini juga terdapat tempat pelelangan ikan (TPI), sehingga wisatawan bisa langsung membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Karakteristik Pantai Pedalen lebih didominasi kerikil dan bebatuan, nyaris tidak ada pasir. Para wisatawan bisa melihat bebatuan karang yang merupakan gugusan karst yang diperkirakan berumur ratusan tahun.

Pantai Pedalen juga memiliki Pos Observasi Bulan (POB) yang menjadi lokasi pengamatan rukyatul hilal untuk penentuan awal Ramadan dan Tahun Baru Hijriah. Spot lain yang tersedia adalah bukit pandang yang berada di atas bangunan POB yang bisa dijadikan spot foto dengan latar belakang pantai atau panorama sunset maupun sunrise.

2. Pantai Karang Agung

Tak jauh dari Pantai Pedalen, terdapat destinasi wisata pantai lainnya yaitu Pantai Karang Agung. Jarak antara Pantai Pedalen ke Pantai Karang Agung hanya sekitar 2,8 kilometer atau 9 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Meski lokasinya cukup dekat, tetapi kedua pantai ini memiliki karakteristik yang berbeda. Tak seperti Pantai Pedalen yang tidak memiliki pasir, Pantai Karang Agung memiliki pasir layaknya pantai pada umumnya.

Ikon dari Pantai Karang Agung adalah batu karang besar yang berada di tengah pantai. Uniknya, di sekitar batu karang besar itu terdapat bebatuan yang tersebar hingga ke beberapa sudut pantai.

Beberapa pengunjung juga menyebut pantai ini sebagai Tanah Lot-nya Kebumen. Hal itu karena suasana pantai yang mirip dengan Pantai Tanah Lot di Bali.

3. Pantai Menganti

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Pantai Menganti telah menjadi destinasi wisata hits sejak beberapa tahun lalu karena menawarkan sejumlah spot yang patut dijelajahi.

Pantai ini memiliki dua titik wisata yang bisa disambangi wisatawan. Pada sisi barat yang merupakan Ppantai Nelayan, wisatawan dapat melihat sederet perahu yang berlabuh di tepi pantai.

Selain itu, juga terdapat sejumlah fasilitas, seperti warung makan dan kamar mandi. Lokasi pantai ini berada di tengah perbukitan, sehingga keindahan panorama bukit hijau turut menghiasi pandangan.

Adapun pada bagian sisi timur, wisatawan dapat melihat Pantai Menganti dari ketinggian. Kawasan ini sering disebut bukit gazebo karena banyaknya saung atau gazebo yang tersebar di sejumlah titik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Pantai Pecaron

Pantai Pecaron berada di Desa Srati, Kecamatan Ayah. Lokasi Pantai Pecaron bersebelahan dengan Pantai Menganti, tetapi keduanya memiliki karakteristik berbeda.

Pantai Pecaron didominasi area berpasir yang lebih luas. Pasir tersebut berwarna hitam dan bercampur dengan bebatuan.

Selain itu, di sepanjang Pantai Pecaron juga menjulang pohon kelapa. Kondisi Pantai Pecaron masih alami dan asri. Tak hanya pantai, destinasi wisata ini juga memiliki kawasan tebing dan perbukitan hijau.

5. Pantai Lampon

Pantai Lampon berada di Desa Pasir, Kecamatan Ayah. Dari Pantai Pecaron, wisatawan hanya perlu menempuh waktu sekitar 19 menit ke arah timur untuk menuju Pantai Lampon.

Pantai Lampon kerap disebut sebagai mutiara tersembunyi di Kebumen. Terdapat sejumlah spot menarik di sini, mulai dari area pantai berpasir cokelat yang masih bersih, kawasan perbukitan yang menjadi area berkemah, serta bukit karst yang cocok dijadikan lokasi berfoto.

Bukan itu saja, salah satu pantai di Kebumen ini juga menawarkan pemandangan berupa area pantai yang menjadi tempat bersandarnya sejumlah perahu nelayan. Air laut di pantai ini pun sangat jernih dengan warna hijau kebiruan. Selain itu, Pantai Lampon juga memiliki beberapa gua yang bisa disambangi.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.