Sukses

Sambut Mahasiswa Baru dengan Libatkan Skadron 13 Serbu

Mahasiswa baru Politeknik Sinar Mas Berau Coal mengikuti program Bina Mental dan Sikap (Bintalsik) yang dipimpin langsung oleh Tim Skadron 13 Serbu, Berau.

Liputan6.com, Berau - Untuk membentuk karakter pribadi yang bermoral dan berbudi pekerti luhur, Politeknik Sinar Mas Berau Coal (Poltek Simas Berau) mewajibkan 122 mahasiswa baru untuk mengikuti program Bina Mental dan Sikap (Bintalsik). Program itu sekaligus langkah awal bagi para Maba untuk pengenalan kampus.

Direktur Poltek Simas Berau, Kris Adi Nugraha mengatakan, tanggung jawab kampus adalah memberikan pendidikan dan keterampilan kepada mahasiswa. Dia berharap para mahasiswa baru mengikuti Bintalsik dengan baik, mengingat Poltek Simas Berau menerapkan sistem vokasi dengan perbandingan 30 persen teori dan 70 persen praktikum.

“Setiap tahun, jumlah mahasiswa terus meningkat, artinya minat masyarakat terhadap Poltek Simas Berau masih tinggi. Tahun ini juga terdapat mahasiswa berasal dari Kalimantan Utara,” katanya.

Semua lulusan Poltek Simas Berau mendapatkan kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi. Ilmu tersebut dapat langsung aplikasikan di berbagai tempat.

“Merupakan komitmen Poltek Simas Berau untuk memberikan pendidikan terbaik bagi mahasiswa,” imbuhnya.

Program ini dipimpin langsung Tim Skadron 13 Serbu, Berau. Dari jumlah tersebut, 87 mahasiswa menerima beasiswa pendidikan dari PT Berau Coal.

Upacara pembukaan Bintalsik sekaligus penyerahan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa Poltek Simas Berau untuk tahun ajaran 2023/2024 berlangsung secara khidmat di lapangan kampus Poltek Simas Berau Coal pada Senin (14/8/2023).

Pihaknya berharap, satu-satunya kampus vokasi di Berau ini dapat terus membekali mahasiswa dengan keterampilan dan daya saing yang diperlukan di dunia industri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dukungan Wajib Belajar 12 Tahun

Community Based Development Manager PT Berau Coal, Muhammad Sulaiman, menyatakan bahwa PT Berau Coal telah lama berkomitmen dalam mendukung pendidikan dan pengembangan SDM di Kabupaten Berau. Mulai dari Program Wajib Belajar 12 Tahun hingga pendidikan tinggi terus dilakukan.

“Terkait Pendidikan, PT Berau Coal komitmen mencerdaskan anak bangsa. Salah satunya dengan mendirikan Politeknik Sinar Mas Berau Coal dan memberikan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa di kampus yang sama,” jelasnya.

Selain itu berbagai pelatihan diberikan kepada mahasiswa selama dan setelah menempuh pendidikan di Poltek Simas Berau, termasuk Program Pelatihan Pengawas Keselamatan Pertambangan (P3KP) setelah lulus.

"Mahasiswa yang berada di Politeknik Sinar Mas Berau Coal akan dibekali berbagai hal terkait peningkatan kompetensi. Begitupun setelah lulus PT Berau Coal masih memiliki program pendampingan, hingga akhirnya mereka benar-benar menjadi sumber daya unggul di bidang industri dan mendorong kemajuan Kabupaten Berau," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Dukungan Pemkab Berau

Bupati Berau, Sri Juniarsih, diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Sujadi, menyambut baik pelaksanaan bintalsik dan penyerahan beasiswa bagi mahasiswa baru Poltek Simas Berau.

“Pendidikan vokasi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di era persaingan saat ini,” tuturnya.

Sujadi mengakui pentingnya dukungan dari PT Berau Coal dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mengembangkan SDM unggul di Berau. Program beasiswa ini mencerminkan keseriusan dan konsistensi dari perusahaan dalam mendukung mahasiswa berprestasi dan memenuhi syarat di wilayah tersebut.

"Saya berharap kehadiran Poltek Simas Berau dapat mendukung terbentuknya ekosistem pendidikan yang representatif dalam rangka penyediaan SDM yang unggul untuk menjawab kebutuhan industri saat ini," harapnya.

Komandan Skadron, Letkol CPN Yusuf Adi Puruhita selaku inspektur upacara, menyampaikan selamat kepada para mahasiswa baru Politeknik Sinar Mas Berau Coal angkatan 2023, yang akan melaksanakan pelatihan bintalsik. Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan pembekalan yang bermanfaat.

"Diharapkan setelah selesai pelatihan ini, para mahasiswa bisa memiliki sikap dan semangat untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, dengan dilandasi kepribadian dan etika sesuai yang diharapkan instansi, dan kelak bisa menjadi pemuda pemudi yang memiliki kebanggaan dalam membangun bumi batiwakkal," ucapnya

Salah satu mahasiswa Poltek Simas Peserta Bintalsik dan Penerima Manfaat Beasiswa, Asal Kecamatan Tanjung Redeb, Nurul Faizah Fahdah mengatakan sangat berterima kasih kepada PT Berau Coal sudah terpilih sebagai penerima beasiswa untuk berkuliah di Politeknik Sinar Mas Berau Coal.

"Saya merasa senang telah diberi kesempatan untuk berkuliah disini. Dari beasiswa ini semoga menjadi awal mula saya dapat membanggakan orang tua saya. Saya akan berupaya untuk selalu bersemangat dalam mengikuti bintalsik ini hingga selesai, dan menjalani perkuliahan dengan baik," ucap NurulFaizah Fahdah lulusan SMAN 7 Berau, yang kini mengambil jurusan D4 Teknik Rekayasa Logistik.

"Saya akan belajar sungguh-sungguh di Politeknik Sinar Mas Berau Coal dan ketika saya lulus nanti ingin mewujudkan kemandirian dan membantu ekonomi keluarga," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.