Sukses

Ini Dia Ciri Orang Cerdas Menurut Allah SWT dan Para Ahli

Ada banyak ciri orang cerdas, beberapa di antaranya disebutkan oleh Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi orang cerdas menjadi impian hampir semua orang bahkan, setiap orangtua mengharapkan anaknya menjadi sosok yang cerdas. Ternyata ada banyak ciri orang cerdas, beberapa di antaranya disebutkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi nomor 2459, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa orang yang cerdas adalah mereka yang selalu mengoreksi diri sendiri, memperbaiki diri dengan menambah amal-amal sebagai bekal menghadapi kematian.

عن ابي يعلى شداد ابن اوس رضي الله عنه قال قال رسول الله ص م الكَيِّسُ مَنْ دَانَ نَفْسَهُ ، وَعَمِلَ لِمَا بعدَ المَوتِ ، والعَاجِزُ مَنْ أتْبَعَ نَفْسَهُ هَواهَا وَتَمنَّى عَلَى اللهِ الاَمَانِيَّ (رواه الترميذي)

Dari Abu Ta'ala Syidad bin Aus radhi Allah anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Orang yang sempurna akalnya ialah yang mengoreksi dirinya dan bersedia beramal sebagai bekal setelah mati. Dan orang yang rendah adalah yang selalu menurutkan hawa nafsunya. Di samping itu, ia mengharapkan berbagai angan-angan kepada Allah." (HR Tirmidzi).

Sementara dalam Babu Dzikril Mauti Wa Fadhlihi Wal Isti'dadi Lahu atau bab tentang mengingat kematian dan fadilah mengingat kematian dan persiapan menghadapi kematian di kitab at-Tadzkirah dijelaskan, Abu Ubaid Al Qasim bin Salim al Baghdadi mengatakan, apa yang dimaksud dengan mengoreksi diri itu adalah menudukan diri di hadapan Allah SWT serta menjalankan semua amal saleh.

Selain itu, Abu Ubaid juga menyebutkan, orang cerdas adalah orang yang tidak menyia-nyiakan umur yang diberi Allah SWT. Mereka juga selalu mengingat dan patuh kepada Allah SWT dalam berbagai situasi dan kondisi. Semua hal itu merupakan bekal di akhirat.

Di samping itu, kecerdasan seseorang juga dinilai dari berbagai hasil studi. Para pakar menyebutkan setidaknya ada lebih dari lima ciri orang cerdas. Berikut adalah beberapa ciri orang cerdas menurut pakar, seperti dilansir dari berbagai sumber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Ciri Orang Cerdas Menurut Pakar

1. Memiliki Pengendalian Diri

Hasil studi menunjukkan bahwa salah satu ciri orang cerdas adalah mereka yang memiliki pengendalian diri, termasuk mengendalikan emosi dan impuls. Ini merupakan tanda dari kecerdasan, karena itu berarti mereka cenderung berpikir sebelum berbicara dan bertindak.

2. Berempati dan Penyayang

Dalam penilaian psikologis terdapat kolerasi antara kecerdasan emosional yang tinggi dan IQ yang tinggi. Semakin tinggi skor seseorang dalam sifat empati, semakin tinggi skor orang tersebut dalam sifat pemahaman verbal yang efektif.

Sederhananya, empati merupakan bagian dari kecerdasan emosional dan pemahaman yang merupakan bagian dari kecerdasan kognitif saling terkait secara langsung. Seseorang yang cerdas, biasanya tidak hanya berfokus pada kecerdasan intelektual, tetapi juga memiliki pemahaman sosial yang baik.

Mereka mampu memahami dan menghargai perspektif orang lain, serta beradaptasi dalam situasi sosial yang berbeda.

3. Kenal Batasan

Ciri orang cerdas lainnya menurut para pakar adalah bahwa mereka tahu batasan dan tidak mencoba seolah-olah mereka tahu segalanya. Kondisi ini memungkinkan mereka terbuka untuk belajar lebih banyak dari orang lain.

4. Pengamat

Biasanya, orang yang memiliki kecerdasan tidak akan banyak bicara untuk membuktikan siapa diri mereka. Mereka cenderung tidak berisik.

Alih-alih membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang-orang betapa benarnya pendapat mereka, mereka biasanya diam dan jeli. Mereka memiliki kemampuan untuk memahami semuanya, yang mungkin terlewatkan oleh orang lain.

5. Fleksibel

Ciri lain dari orang cerdas adalah mereka tidak membuang waktu mengkhawatirkan banyak hal yang tidak bisa mereka kendalikan. Orang cerdas cenderung fleksibel, berpikiran terbuka, dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan.

Pada dasarnya, ini menunjukkan bahwa mereka dapat memecahkan masalah serta menemukan solusi dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini