Sukses

6 Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi, Cocok Dikonsumsi Usai Menyantap Daging Kurban

Selain mengonsumsi obat dari dokter, mengonsumsi buah-buahan juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Liputan6.com, Yogyakarta - Merayakan momen Iduladha identik dengan sajian daging yang berlimpah. Bagi beberapa orang, mengonsumsi daging kurban secara berlebihan akan berdampak pada naiknya tekanan darah tinggi.

Namun tak perlu khawatir karena hal itu bisa dikendalikan dengan mengonsumsi berbagai macam buah. Selain mengonsumsi obat dari dokter, mengonsumsi buah-buahan juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Mengutip dari puskesmas.kuburayakab.go.id, berikut deretan buah penurun darah tinggi:

1. Anggur

Anggur mengandung polifenol yang berguna untuk mengontrol tekanan darah. Polifenol merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Selain itu, anggur juga tinggi serat dan rendah kalori. Jika dikonsumsi secara rutin, anggur bisa mencegah munculnya sindrom metabolik, termasuk hipertensi.

2. Buah bit

Buah bit dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menemukan adanya penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi buah bit. Buah ini memiliki kandungan nitrat yang berperan dalam penurunan tekanan darah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Delima

3. Delima

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi jus buah delima lebih dari satu cangkir sehari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Para peneliti menduga, kandungan kalium dan polifenol dalam delima mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Kiwi

Kiwi memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Sebuah penelitian mencatat, penderita hipertensi yang rutin mengonsumsi tiga buah kiwi dalam sehari dapat mengalami penurunan tekanan darah lebih cepat.

5. Pisang

Pisang memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menyeimbangkan jumlah garam di dalam tubuh. Dengan demikian, tekanan darah pun dapat terkontrol.

Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung atau diolah dengan berbagai cara. Selain itu, pisang juga sangat cocok dikombinasikan dengan sereal sebagai menu sarapan.

6. Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang banyak mengandung air. Selain itu, buah ini juga kaya vitamin lainnya, mulai dari vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium.

Buah ini juga mengandung L-citrulline yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah. Hal itu dapaf membantu menurunkan tekanan darah.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini