Sukses

Ini Pentingnya Kuasai Teknik Public Speaking Pada Era Digital

Keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking menjadi semakin penting di tengah perkembangan teknologi yang pesat.

Liputan6.com, Jakarta - Keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking menjadi semakin penting di tengah perkembangan teknologi yang pesat. Kemampuan berkomunikasi yang efektif tidak hanya mempengaruhi hubungan antarpribadi, tetapi juga dapat memberikan dampak positif pada produktivitas di masa depan.

Hal tersebut diperkuat dengan hasil survei dari aplikasi media sosial kerja Linkedin mengenai 10 kemampuan yang paling banyak dibutuhkan di seluruh dunia, di mana kemampuan komunikasi termasuk public speaking menjadi kemampuan nomor dua yang paling dibutuhkan.

Ongky Hojanto, seorang pembicara publik profesional dan penulis buku best seller Public Speaking Mastery memberikan wawasan tentang pentingnya kemampuan tersebut dalam meningkatkan produktivitas karena efektifitas pesan yang terkirimkan dengan baik.

"Public speaking bukan hanya tentang berbicara di depan banyak orang, tetapi bagaimana kita menyampaikan pesan dengan jelas, mudah dipahami serta mencapai tujuan yang diinginkan. Kemampuan ini menjadi semakin penting di era digital, di mana Platform Digital mengedepankan konten dalam bentuk video serta pertemuan luring di ubah ke daring," kata Ongky yang juga pendiri Public Speaking Academy dan Motivator Academy, Jumat (23/6/2023).

"Kunci suksesnya ada pada 3B: berani (pembicara harus memiliki kepercayaan diri saat menyampaikan pesan di depan publik), berurutan (kemampuan pembicara untuk menyusun kerangka public speaking yang mudah dipamahi, termasuk kecakapan memberikan ilustrasi) dan terakhir adalah bahasa tubuh dimana pembicara dapat memperkuat pesan verbal yang diucapkan dengan non verbal yang ditampilkan sehingga komunikasi kepada publik akan yang efektif dan berdampak "

Lebih lanjut Ongky mengutip penyataan Warren Buffett bahwa seseorang dapat meningkatkan nilai diri mereka di mata orang lain, hanya dengan memiliki kemampuan public speaking.

"Keterampilan public speaking adalah investasi yang berharga untuk masa depan. Dengan mampu menyampaikan gagasan dengan jelas dan meyakinkan, kita dapat mempengaruhi orang lain, membangun hubungan yang kuat, dan mencapai kesuksesan dalam berbagai bidang kehidupan," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.