Sukses

Viral di Medsos, Gerombolan Udang Kecil Naik ke Daratan Hebohkan Warga Gorontalo

Selain mengabadikan fenomena langka itu, sebagian warga ada yang berusaha menangkap udang tersebut menggunakan wadah.

Liputan6.com, Gorontalo - Warga Provinsi Gorontalo tiba-tiba dihebohkan dengan unggahan video salah satu warga. Video tersebut memperlihatkan jutaan kawanan udang kecil yang naik ke daratan hingga ke pemukiman warga Rabu (24/05/2023).

Peristiwa itu terjadi di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Selain mengabadikan fenomena langka itu, sebagian warga ada yang berusaha menangkap udang tersebut dengan menggunakan wadah.

Menurut informasi, udang-udang itu berasal dari salah satu sungai yang berjarak satu kilometer dari pemukiman warga. Entah apa yang terjadi, binatang air dengan nama latin Caridea itu naik kedaratan.

Usai viral di media sosial, banyak warganet di Gorontalo yang berspekulasi jika naiknya kawanan udang itu ke daratan karena membawa pesan mistis. Mereka mengaku jika di sungai itu ada makluk halus dan berbahaya untuk didekati.

"Biasanya udang itu membawa pesan jika manusia tidak izinkan mendatangi sungai itu karena bahaya," kata akun media sosial bernama @fan***

Warganet lain mengaku, jika kehadiran jutaan udang itu biasanya membawa pesan musibah. Sebab, insting air lebih tahu apa yang akan terjadi di wilayah mereka.

"Kalau saya memprediksi, ini pertanda akan ada musibah melalui sungai tersebut. Biasanya banjir yang ada hubungan dengan habitat mereka, tapi mudah-mudahan warga Gorontalo dijauhkan dari hal buruk itu," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan BMKG

Sementara itu, Koordinator Data dan Informasi BMKG Gorontalo, Sayid Mahadir mengatakan fenomena ikan atau hewan air naik ke darat sering terjadi di Indonesia.

Oleh karena fenomena itu cukup umum, BMKG meminta masyarakat tidak perlu panik. Terlebih, fenomena ini tidak ada kaitannya dengan bencana dan hal lain yang bisa membuat masyarakat resah.

"Ya memang fenomena ini kerap kali terjadi di beberapa wilayah dan tidak hanya sekarang saja tapi juga di beberapa waktu yang lalu, Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, panik, apalagi dikaitkan dengan bencana," kata Sayid.

"Mungkin saja di sungai tersebut terjadi perubahan suhu atau kandungan air. Jadi kawanan udang itu naik ke permukaan," ia menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini