Sukses

Mananam Ribuan Bibit Mangrove Cegah Kerusakan Lingkungan di Riau

Polda Riau bersama Korem Wira Bima Bukit Barisan dan pemerintah daerah menanam 26.800 bibit mangrove di lima bibir pantai mencegah kerusakan lingkungan.

Liputan6.com, Pekanbaru - Kepolisian Daerah (Polda) Riau bersama Komando Resort Militer (Korem) Wira Bima Bukit Barisan dan pemerintah daerah menanam 26.800 bibit mangrove di lima bibir pantai. Kegiatan ini merupakan rangkaian menanam 1.100.169 bibit mangrove nasional di 37 provinsi.

Wakil Kepala Polda Riau Brigadir Jenderal Kasihan Rahmadi menjelaskan, mangrove punya banyak manfaat dalam menjaga kelestarian lingkungan. Di antaranya menjaga abrasi dan menahan tsunami di pantai.

Merusak mangrove, tegas Rahmadi, sama saja dengan berencana menimbulkan bencana bagi masyarakat dan petani di bibir pantai.

"Merusak mangrove merupakan awal kerusakan," kata Rahmadi.

Dalam penanaman pada Senin petang itu, 15 Mei 2023, Rahmadi menegaskan dia dan jajaran Polda Riau bakal menindak tegas tanpa pandang bulu.

"Saat ini sudah ada peraturan perundangan kawasan hutang mangrove dan bibir pantai, mari bersama menjaganya," ujar Rahmadi.

Saat ini, ada 14,5 hektare kawasan di sepanjang bibir pantai di Riau yang harus ditanami mangrove. Jumlah itu tersebar di Kabupaten Bengkalis, Kampar, Indragiri Hilir, Rokan Hilir, Siak dan Kota Dumai.

Dengan penanaman ini, Komandan Korem Brigjen TNI Rakca Andalawasan, potensi abrasi dan kerusakan pantai bisa dicegah. Semua lapisan bertanggungjawab menjaganya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini menumbuhkan kesadaran bahwa semua pihak harus bergotong royong menjaga mangrove," jelas Rakca.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lima Lokasi

Adapun 26.800 bibit mangrove yang ditanam tersebar di Desa Pangkalan Jambi (Kabupaten Bengkalis), Desa Teluk Bakau (Pelalawan), Desa Tanjung Pasir (Indragiri Hilir), Pantai Lestari (Kota Dumai) dan Kampung Kayu Ara Permai (Siak).

Penanaman mangrove serentak di 37 provinsi di Indonesia. Polda dan jajaran serta Korem mengikuti Penanaman Mangrove Nasional ini melalui sarana Video Conference di Pesisir Pantai Salam Lestari, Kelurahan Guntung, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini