Sukses

Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Rayakan Idul Fitri 1444 Hijriah Hari Ini Kamis 20 April 2023

Tarekat Naqsabandiyah merayakan Idul Fitri lebih dahulu dibanding pemerintah dan Muhammadiyah.

Liputan6.com, Padang - Jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat, telah melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 Hijriah hari ini, Kamis 20 April 2023.

"Iya sudah salat Id tadi, kami mengunakan cara dengan hisabul rukyat," kata Imam Surau Baru Kota Padang, Zahar, Kamis (20/4/2023).

Kemudian Tarekat Naqsabandiyah juga menggunakan metode hisab munjid, yaitu menghitung hari puasa dan lebaran berdasarkan almanak tahunan hisab munjid.

"Hisab itu berdasarkan hari apa puasa tahun dahulu, rukyat atas kesepakatan kita bersama Tarekat Naqsabandiyah, dalil berdasarkan bulan 10 hari atau 15 hari kan tahu besarnya sehingga diputuskan Idul Fitri jatuh pada hari ini," jelasnya.

Setiap tahunnya, tarekat ini selalu mulai puasa lima hari lebih cepat dari tahun sebelumnya. Zahar menjelaskan Tarekat Naqsabandiyah Surau Baru telah melakukan puasa sejak Selasa 21 Maret 2023.

Jemaah Tarekat Naqsabandiyah telah melaksanakan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Dalam menentukan jatuhnya bulan puasa dan Idul Fitri itu salah satunya melihat bulan pada subuh di ufuk timur.

"Tarekat mengikuti aliran dari Abu Bakar Siddiq, salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW," sebutnya.

Di Kota Padang ada 15 masjid dan musala yang mengikut kepada Surau Baru yang tersebar di wilayah Kecamatan Lubuk Kilangan dan Pauh. Sedangkan di luar Padang, ada dari Kabupaten Solok, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.