Sukses

8 Titik Atensi Polda Sumut Selama Musim Mudik Lebaran 2023, di Mana Saja?

Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen melaksanakan pengamanan musim mudik Lebaran secara optimal melalui Operasi Ketupat Toba selama 14 hari dimulai 18 April sampai 1 Mei 2023.

Liputan6.com, Medan Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen melaksanakan pengamanan musim mudik Lebaran secara optimal melalui Operasi Ketupat Toba selama 14 hari dimulai 18 April sampai 1 Mei 2023.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, untuk di Sumut ada 8 titik atensi selama musim mudik Lebaran 2023.

"Delapan titik yang menjadi atensi ini merupakan simpul-simpul yang selama ini menjadi kerawanan macet," kata Hadi, saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (18/4/2023).

Diterangkan Hadi, 8 titik simpul tersebut adalah, untuk Polres Langkat di Jembatan Sei Wampu (Batas Aceh), Polres Tanah Karo di Sibolangit, Polres Tebing Tinggi di Simpang Beo dan Rel Kereta Api.

Kemudian Polres Simalungun di Tol Sinaksak, Polres Labuhan Batu Sleatan (Labusel) di Torgamba (Perbatasan Riau, Polres Batu Bara di Lima Puluh (Pintu Tol), Polres Siantar di Simpang 2 Timbangan, dan Polres Labuhan Batu di Kuala Hulu atau Aek Kanopan.

"Di delapan titik itu didirikan Pos Pengamanan dan disiagakan petugas," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siagakan 13.900 Personel Gabungan

Pada Senin, 17 Apil 2023, usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Toba 2023, Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengatakan, sebanyak 13.900 personel Polri, TNI dan Pemkab, diturunkan dalam pengamanan perayaan Lebaran tahun ini.

"Ada 13.900 personel yang kita turunkan, yang melibatkan TNI, Polri TNI dan Pemkab. Itupun masih bisa ditambahkan dengan pasukan cadangan," sebutnya.

Diungkapkan Panca, pihaknya telah mendirikan 209 pos yang terdiri dari 110 pos pengamanan (Pospam), 71 pos pelayanan (Posyan) dan 28 pos terpadu.

Masyarakat dapat menggunakan fasilitas atau pos pelayanan tersebut pada saat mudik Lebaran 2023, baik di jalur jalan, terminal, pusat-pusat perbelanjaan dan tempat keramaian lainnya, termasuk di bandara dan pelabuhan.

"Kita berharap 209 pos ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak mudik Lebaran. Dan masyarakat dapat menggunakkan pos pelayanan ini," katanya.

3 dari 3 halaman

Dilakukan Lebih Baik Lagi

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, meminta penanganan mudik Lebaran 2023 dapat dilakukan lebih baik lagi. Dari data Kementerian Perhubungan RI, potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan di seluruh Indonesia, termasuk di Sumut.

Hal itu disampikan Gubernur Edy Rahmayadi saat menjadi Inspektur Upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Toba 2023, dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 Hijriah di Sumut, yang berlangsung di Lapangan Lanud Soewondo Medan, Senin, 17 April 2023.

Hadir di antaranya, unsur Forkopimda, pejabat TNI dan Polri, tokoh agama, pemuda, serta para peserta apel gelar pasukan.

"Kita berharap penanganan mudik ini lebih maksimal, agar mayasrakat yang mudik Lebaran dapat lebih aman, nyaman dan tenang. Arus mudik pada tahun ini berpotensi mengalami peningkatan, oleh karena itu penanganan mudik 2023 harus dapat dilakukan lebih baik lagi," ucap Edy Rahmayadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini