Sukses

Mengintip Persiapan Pelindo Amankan Pemudik Lebaran 2023 dari Makassar hingga Ambon

Pelindo Regional 4 memprediksi tahun ini merupakan mudik Lebaran kedua pasca pandemi Covid-19, sehingga animo masyarakat khususnya di wilayah timur Indonesia masih mengalami tren peningkatan, termasuk yang menggunakan moda transportasi laut.

Liputan6.com, Makassar - Pelindo Regional 4 memprediksi arus penumpang dan call kapal meningkat 5 persen jelang mudik Lebaran 1444 H dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis mengatakan indikator peningkatan tersebut diukur secara year on year, atau dibandingkan dengan kondisi yang sama pada tahun lalu.

Menurutnya, tahun ini merupakan mudik Lebaran kedua pasca pandemi Covid-19, animo masyarakat khususnya di wilayah timur Indonesia meningkat menggunakan moda transportasi laut.

"Musim mudik lebaran tahun lalu jumlah kunjungan kapal di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 mencapai angka 1.106 call. Dan diprediksi mudik Lebaran tahun ini angka itu akan menjadi sebanyak 1.161 call," kata Enriany Muis, Jumat 31 Maret 2023.

"Sementara untuk jumlah penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan di Regional 4 pada musim mudik Lebaran tahun lalu, jumlahnya sebanyak 607.625 orang. Jumlah itu besar kemungkinan akan meningkat jadi 638.006 orang penumpang di periode yang sama tahun ini," dia menambahkan. 

Lima Besar Pelabuhan di Regional 4

Enriany menyebutkan The Big Five atau lima besar pelabuhan di Regional 4 dengan jumlah penumpang terbanyak yakni Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ternate, dan Ambon.

Di lima pelabuhan ini jumlah penumpang kapal yang naik dan turun saat momen mudik Lebaran tahun lalu mencapai masing-masing 88.378, 74.157, 71.669, 66.620, dan 51.804 orang.

“Diestimasi pada periode yang sama tahun ini terjadi peningkatan sebesar 5% yaitu menjadi 92.797 penumpang di Pelabuhan Makassar, 77.865 penumpang di Parepare, 75.252 penumpang di Balikpapan, 69.951 penumpang di Ternate, dan menjadi 54.394 penumpang di Pelabuhan Ambon,” bebernya.

Dari sisi call atau kunjungan kapal, lima terbesar pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 4 yaitu Ternate, Ambon, Manado, Kendari, dan Makassar yang diprediksi peningkatannya juga mencapai 5% pada musim mudik Lebaran tahun ini, yakni masing-masing mencapai 151 call, 144 call, 140 call, 138 call, dan 90 call.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antisipasi Lonjakan Mudik Lebaran

Mengantisipasi lonjakan arus penumpang angkutan Lebaran tahun 2023, Regional Head 4 Pelindo mengakui cukup banyak persiapan yang telah dilakukan. Mulai dari peningkatan fasilitas pada terminal penumpang di seluruh pelabuhan kelolaan khususnya di Regional 4.

Seperti, memastikan kesiapan fasilitas pendukung terminal penumpang yaitu AC atau kipas angin, kebersihan toilet, musala, ruang menyusui, ruang informasi, dan alat bantu untuk penumpang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

"Perbaikan pengaturan proses check in, embarkasi (pemberangkatan) dan debarkasi (penurunan) agar tidak menimbulkan antrean penumpang yang berdesakan. Lalu sterilisasi dermaga dan terminal penumpang dari orang atau kendaraan yang tidak berkepentingan, melakukan kesiapan ruang kesehatan, tenaga medis, fasilitas kesehatan berupa kotak P3K dari Kantor Kesehatan Pelabuhan," Enriany Muis menjelaskan.

Persiapan yang tak kalah penting yang dilakukan Pelindo Regional 4 dalam menghadapi musim mudik Lebaran tahun ini adalah, penyediaan wifi di terminal penumpang dan penyediaan personal pengamanan (security) dan CCTV untuk memantau ketertiban dan keamanan di terminal penumpang.

"Ada juga pembentukan Tim Adhoc terpadu antar instansi di dalam pelabuhan untuk memudahkan koordinasi sesuai wewenang dan tanggung jawab masing-masing instansi. Selain itu kami juga melakukan penyiapan pelabuhan, alat bongkar muat peti kemas dan barang untuk memperlancar distribusi arus barang," ujar Enriany.

Dia menambahkan, Pelindo akan selalu berupaya memberikan fasilitas yang terbaik buat para pengguna jasa moda transportasi laut, agar para penumpang kapal selalu merasa aman dan nyaman.

Mudik Gratis Bersama Pelindo

Enriany menyampaikan tahun ini Pelindo kembali menyelenggarakan Mudik Gratis dengan tema "Mudik Dinanti, Mudik di Hati Bersama BUMN 2023" yang merupakan program yang digagas Kementerian BUMN. Di mana untuk di wilayah Makassar, rute perjalanan mudik gratis yakni Makassar – Palopo (PP) dan Makassar – Bulukumba (PP) dengan jadwal keberangkatan yaitu pada Senin, 17 April 2023.

"Masyarakat yang ingin mengikuti mudik gratis melalui program ini bisa segera mendaftar melalui link https://linktr.ee/MudikBersamaPelindo2023?utm_source=qr_code. Syaratnya hanya KTP, Kartu Keluarga (KK), dan Sertifikat Vaksin ke-2 atau Booster ke-1. Ingat ya, program ini TIDAK DIPUNGUT BIAYA alias GRATIS," Enriany memungkasi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.