Sukses

9 Destinasi Wisata Religi Wali Songo, Cocok Dikunjungi Saat Ramadan

Berikut destinasi wisata religi Wali Songo yang bisa dikunjungi menjelang dan saat Ramadan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menjelang bulan suci Ramadan hingga saat Ramadan, kompleks wisata religi menjadi salah satu incaran para wisatawan untuk berziarah. Biasanya, masyarakat muslim akan berziarah ke makam para tokoh agama Islam, Wali Songo.

Wali Songo merupakan sembilan wali yang berperan besar dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Makam kesembilan para wali inilah yang menjadi salah satu destinasi wisata religi bagi masyarakat muslim

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut destinasi wisata religi Wali Songo yang bisa dikunjungi menjelang dan saat Ramadan:

1. Makam Sunan Ampel

Sunan Ampel merupakan pendiri Pesantren Ampel Denta di Surabaya yang sekaligus menjadi pesantren tertua di Jawa. Sunan Ampel terkenal dengan prinsip 'moh limo' dalam setiap dakwahnya.

Makam wali songo ini berada di sebelah barat Masjid Ampel Surabaya yang saat ini menjadi salah satu wisata religi di Indonesia. Tak hanya berziarah, di Masjid Ampel Surabaya masyarakat juga bisa berbelanja kebutuhan religi lainnya.

2. Makam Sunan Giri

Sunan Giri wafat pada 1506 dan dimakamkan di Desa Giri, Gresik, Jawa Timur. Pada hari-hari biasa, kompleks pemakaman Sunan Giri tak pernah sepi peziarah.

Oleh karena itu, saat Ramadan jumlah peziarah meningkat drastis. Sunan Giri mempelajari dakwah Islam dari Sunan Ampel dan selanjutnya, ia berdakwah dengan menggunakan media lagu permainan anak-anak.

3. Makam Sunan Gresik

Syeh Maulana Malik Ibrahim juga dikenal sebagai Sunan Gresik. Beliau merupakan Wali Songo yang memiliki nasab jalur keturunan Nabi Muhammad SAW dari Husain bin Ali RA.

Sunan Gresik menggunakan strategi dakwah melalui jalur niaga (perdagangan). Sunan Gresik wafat pada 1419 dan dimakamkan di Desa Gapurosukolilo Jalan Malik Ibrahim.

Lokasi makam Sunan Gresik berada tidak jauh dari alun-alun kota Gresik. Pada malam ke-25 bulan Ramadan, makam Sunan Gresik selalu dipadati peziarah.

4. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang berada di Dukuh Kauman, Kabupaten Tuban. Kompleks makam Sunan Bonang menyuguhkan berbagai keunikan, seperti cungkup makam yang didesain menarik, gapura dengan corak Hindu-Buddha, hingga bersebelahan langsung dengan Masjid Astana Bonang.

Sunan Bonang merupakan salah satu Wali Songo yang terkenal dengan strategi dakwah melalui media seni. Sunan Bonang mengajarkan Islam melalui wayang, tembang, dan sastra sufistik.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makam Sunan Drajat

5. Makam Sunan Drajat

Sunan Drajat menggunakan strategi dakwah berupa pendidikan akhlak kepada masyarakat. Salah satu Wali Songo ini dikenal sebagai salah satu pemimpin yang menjunjung tinggi kesejahteraan umat.

Makam Sunan Drajat terletak di Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Lamongan. Terdapat sumur tua yang dipercaya telah ada sejak masa kepemimpinan Sunan Drajat di kompleks pemakaman tersebut.

Konon, sumur tersebut memiliki kekuatan magis. Bahkan, para peziarah sering menjadikan air sumur tersebut sebagai 'oleh-oleh'.

6. Makam Sunan Kudus

Sunan Kudus dimakamkan tepat di belakang Masjid Al-Aqsha Menara Kudus. Para peziarah tak hanya datang untuk berziarah, tetapi juga menikmati kemegahan Masjid Al-Aqsha Menara Kudus.

Sunan Kudus merupakan pendakwah agama Islam dengan wilayah dakwah di Kudus, Jawa tengah. Strategi dakwah yang digunakan adalah dengan mendekati masyarakat melalui kebutuhan mereka, yakni mengajarkan teknologi pertukangan, kerajinan emas, pembuatan keris, dan kebutuhan lainnya.

7. Makam Sunan Kalijaga

Kompleks makam Sunan Kalijaga berada di Kadilangu, Kabupaten Demak. Saat berkunjung ke destinasi wisata religi ini, pengunjung dapat menyaksikan Masjid Agung Demak yang diyakini sebagai karya para Wali Songo.

Sunan Kalijaga sangat legendaris di berbagai kalangan dan terkenal dengan strategi dakwahnya dengan menggunakan seni dan budaya. Sunan Kalijaga merupakan sosok yang piawai dalam mendalang, menciptakan bentuk-bentuk wayang, hingga membuat alur cerita wayang yang baru dengan bernafaskan dakwah Islam.

8. Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria berada di Bukit Muria, Desa Colo, Kudus. Berbeda dengan destinasi wisata religi Wali Songo lain, tempat ini berada di ketinggian lebih dari 1.600 mdpl.

Sunan Muria merupakan penyebar agama Islam dengan nama asli Raden Umah Syahid. Dalam menyebarkan ajaran Islam, Sunan Muria menggunakan media pelatihan dengan menyasar para pelaut, pedagang, rakyat kecil, dan nelayan. Salah satu karyanya yang terkenal adalah tembang macapat, yakni Sinom dan Kinanti.

9. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati berada di Gunung Sembung, Cirebon, Jawa Barat. Cirebon memang memiliki keterkaitan sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia, khususnya pulau Jawa.

Selain menjadi penyebar agama Islam yang terkenal, Sunan Gunung Jati juga merupakan sultan pertama di Kasultanan Cirebon yang dulu bernama Keraton Pakungwati. Ziarah wisata religi Wali Songo ini berada di dalam kompleks pemakaman seluas 5 hektar. Selain makam Sunan Gunung Jati, di kompleks ini juga terdapat makam istri Sunan Gunung Jati, Putri Ong Tien Nio (Nyi Ratu Rara Semanding).

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.