Sukses

Fakta di Balik Viral Video Kebakaran PLTU di Jeneponto

Video kebakaran di PLTU Bosowa Energi itu viral di berbagai platform media sosial.

Liputan6.com, Jeneponto - Sebuah video berdurasi 1 menit 11 detik yang memperlihatkan kebakaran yang terjadi di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bosowa Energi yang terletak di Desa Punagaya, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Video tersebut belakang viral di berbagai platform media sosial.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Pemkab Jeneponto, Lahasan membenarkan ihwal kebakaran tersebut. Dia mengatakan insiden tersebut terjadi pada Sabtu (18/3/2023) malam.

"Kemarin kejadiannya," kata Lahasan, Minggu (19/3/2023) malam.

Berdasarkan informasi yang diterima Liputan6.com, kebakaran tersebut terjadi pada alat pengangkut baru bara atau Boiler C1 Conveyor PLTU Bosowa Energi Punagaya. Api diperkirakan pertama kali muncul pad Sabtu (18/3/2023) sekitar pukul 19.30 Wita.

Penyebab munculnya api diduga berasal dari gesekan berlebihan yang terjadi antara belt Boiler C1 Conveyor dengan batu bara yang diangkut. Api yang muncul pun langsung membakar belt yang terbuat dari karet.

Petugas yang saat itu bertugas pun langsung menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Jeneponto. Tak lama berselang 4 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian dan berjibaku memadamkan api.

"Api baru berhasil dipadamkan itu cukup lama, karena anggota meninggalkan lokasi kejadian nanti pukul 01.00 Wita," jelasnya.

Belum diketahui persis berapa kerugian akibat insiden kebakaran tersebut. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut meski api terlihat menyala cukup hebat.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.