Sukses

Ini Dia 8 Manfaat Plank, Olaharaga Paling Fleksibel dan Murah

Secara umum, plank adalah latihan tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot inti (core) dan stabilisasi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Plank bisa jadi salah satu pilihan latihan fisik paling hemat. Meski tak butuh banyak peralatan dan biaya, latihan yang satu ini juga bisa memberikan banyak manfaat, lho.

Secara umum, plank adalah latihan tubuh yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot inti (core) dan stabilisasi tubuh. Latihan ini dilakukan dengan posisi tubuh seperti posisi push-up, namun dengan tangan berada di bawah bahu dan siku untuk menopang beban tubuh.

Saat melakukan latihan ini, tubuh harus tetap lurus dan tegak seperti papan (plank) selama beberapa detik atau menit tergantung pada tingkat kekuatan seseorang. Latihan plank sering dilakukan dalam program latihan kebugaran dan fisik karena memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan keseimbangan tubuh, kekuatan otot inti, dan postur tubuh yang baik.

Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat yang didapat jika kamu rajin melakukan plank, minimal satu menit setiap hari. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Manfaat Plank untuk Tubuh

1. Meningkatkan kekuatan otot inti

Plank adalah salah satu latihan terbaik untuk melatih otot inti, termasuk otot perut, pinggang, dan punggung bagian bawah.

2. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Dengan melakukan plank secara teratur, kamu akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga keseimbangan, baik saat berdiri maupun bergerak.

3. Meningkatkan postur tubuh

Plank dapat membantu memperbaiki postur tubuh dengan memperkuat otot-otot yang membentuk tulang belakang.

4. Meningkatkan fleksibilitas

Plank juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dengan memperkuat otot-otot yang mempengaruhi gerakan dan rentang gerak.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Mencegah cedera

Dengan memperkuat otot inti, plank dapat membantu mencegah cedera pada bagian punggung, bahu, dan leher.

6. Menurunkan risiko sakit pinggang

Plank dapat membantu mengurangi risiko sakit pinggang dengan memperkuat otot-otot yang mempengaruhi postur tubuh dan dukungan tulang belakang.

7. Meningkatkan metabolisme

Plank juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh karena latihan ini melibatkan banyak otot tubuh dan dapat membakar kalori.

8. Meningkatkan kinerja atletik

Plank dapat meningkatkan kinerja atletik dengan memperkuat otot-otot yang berperan dalam gerakan tubuh dan meningkatkan keseimbangan dan stabilitas tubuh.

Itu dia delapan manfaat yang diberikan oleh latihan plank untuk tubuhmu. Pastikan untuk konsisten melakukannya untuk mendapatkan hasilnya.

Kamu juga bisa mengkombinasikan plank dengan beberapa olahraga lainnya. Namun, pastikan juga kondisi fisikmu sebelum latihan, ya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.