Sukses

Atur Keuangan di Bulan Ramadan, Ini Tipsnya!

Membuat anggaran keuangan menjadi langkah bijaksana untuk mengatur pengeluaran dengan lebih efektif, termasuk saat Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta - Mengatur keuangan menjadi hal sederhana yang umum dilakukan. Ini juga menjadi salah satu persiapan penting yang perlu dilakukan menjelang Ramadan. Gimana cara mengatur keuangan selama Ramadan? Yuk simak tipsnya!

Membuat anggaran keuangan menjadi langkah bijaksana yang bisa kamu lakukan untuk mengatur pengeluaran dengan lebih efektif. Alasan lain pentingnya mengatur anggaran termasuk:

  • Membantu menghemat 
  • Memungkinkan untuk menghindari hutang
  • Memungkinkan untuk merencanakan tujuan keuangan jangka panjang
  • Memungkinkan untuk memprioritaskan pengeluaran

Merencanakan pengeluaran di bulan Ramadan juga penting dilakukan. Apalagi biasanya pengeluaran di bulan Ramadan akan lebih besar ketimbang bulan-bulan lainnya.

Untuk membuat anggaran selama Ramadan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Nah, berikut adalah tips  membuat anggaran di bulan Ramadan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Cara Membuat Anggaran di Bulan Ramadan

1. Buatlah Detail Pengeluaran Selama Ramadan

Buatlah anggaran pengeluaran yang detail untuk kebutuhan selama Ramadan, seperti makanan, minuman, dan keperluan lainnya. Perencanaan anggaran akan membantu kamu mengendalikan pengeluaran dan memastikan keuangan lebih seimbang.

2. Beli Kebutuhan Sebelum Ramadan

Belilah kebutuhan selama Ramadan sebelum Ramadan dimulai. Ini dapat membantu kamu menghemat waktu dan uang. Jangan menunda-nunda untuk membeli keperluan selama Ramadan, karena harga barang-barang biasanya akan naik selama Ramadan.

3. Manfaatkan Diskon

Gunakan sumber daya yang ada untuk memperoleh keuntungan lebih, seperti memanfaatkan diskon atau promo Ramadan yang ditawarkan oleh toko-toko atau supermarket.

4. Jangan Terlalu Sering Makan di Luar

Hindari makan di luar rumah terlalu sering, karena biaya makan di luar rumah bisa sangat mahal. Sebaliknya, persiapkan makanan di rumah yang sehat dan bergizi.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Menyumbang Sesuai Kemampuan

Berdonasi sesuai kemampuan. Ramadan adalah waktu yang tepat untuk beramal dan berbagi dengan sesama. Namun, pastikan kamu memberikan donasi sesuai dengan kemampuan keuangan.

6. Berhemat

Cari cara untuk menghemat pengeluaran seperti mematikan listrik yang tidak digunakan, menggunakan air secukupnya, dan membeli barang-barang dengan harga yang terjangkau.

7. Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu

Periksa kembali tagihan dan pembayaran, pastikan tagihan sudah terbayar tepat waktu agar tidak ada denda atau biaya tambahan.

8. Menabung

Jangan lupa untuk menabung. Simpan uang dari penghematan pengeluaran selama Ramadan untuk digunakan setelah Ramadan atau untuk persiapan keuangan pada bulan-bulan selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.