Sukses

Sebelum Harga Naik, Ini 5 Barang yang Sebaiknya Diburu Menjelang Ramadan

Berikut beberapa barang yang sebaiknya diburu sebelum Ramadan tiba.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebentar lagi, masyarakat muslim di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Sebelum memasuki bulan Ramadan, ada baiknya mulai berburu berbagai persediaan untuk Ramadan dan Idulfitri.

Pasalnya, bahan makanan maupun kebutuhan sandang biasanya akan mengalami kenaikan harga yang signifikan. Berikut beberapa barang yang sebaiknya diburu sebelum Ramadan tiba:

1. Buah-buahan

Buah menjadi salah satu asupan yang banyak dicari selama Ramadan. Pasalnya, banyak orang yang menginginkan asupan buah segar selama puasa.

Hal ini juga berlaku untuk buah kurma yang memang menjadi primadona saat Ramadan. Sebaiknya mulailah berburu buah segar dan kurma. Pilih buah dan kurma yang bisa bertahan lebih lama.

2. Fesyen Muslim

Saat Ramadan, orang-orang biasanya lebih sering mengenakan baju muslim. Apalagi, akan banyak acara yang biasanya diadakan saat Ramadan, seperti buka bersama, kajian Islam, hingga salat tarawih di masjid.

Oleh karena itu, menjelang Ramadan, permintaan konsumen terhadap fesyen muslim akan meningkat. Hal ini menyebabkan kenaikan harga yang signifikan.

Fesyen muslim juga banyak dicari menjelang Idulfitri. Pasalnya, hari raya tersebut identik dengan 'parade baju baru'.

3. Kue dan Aneka Kukis

Selain makanan pokok dan buah-buahan segar, kamu pasti juga membutuhkan kudapan manis yang bisa disantap saat malam hari. Selain itu, aneka kudapan manis, seperti kue lapis, bolu, dan kue-kue lainnya juga banyak menjadi hidangan pembuka saat berbuka.

Hal inilah yang membuat permintaan kue dan kukis meningkat selama Ramadan. Tentu saja, hal tersebut membuat harga kudapan manis mengalami kenaikan yang signifikan.

4. Minuman Kemasan

Jika perhatikan, minuman kemasan, seperti air mineral, jus buah, minuman bersoda, hingga sirup, akan mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadan hingga Idulfitri. Tak bisa dipungkiri, aneka minuman tersebut memang banyak dicari selama bulan puasa dan Lebaran.

5. Tiket Perjalanan

Ramadan dan Idulfitri tentu tak bisa dipisahkan dari tradisi mudik. Sudah bisa dipastikan, harga tiket perjalanan juga kerap mengalami kenaikan harga.

Tak hanya itu, jumlah peminat pun semakin meningkat, sehingga kamu juga harus memesan tiket perjalanan jauh-jauh hari. Untuk menyiasati kenaikan harga dan kehabisan tiket, kamu bisa mulai membeli tiket mulai sekarang.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.