Sukses

Cari KUR untuk Pelaku UMKM, Bisa ke Pegadaian Saja

Momen perayaan HUT Kementerian BUMN yang diadakan secara serentak. Di Sukoharjo, perayaan digelar di Alun-Alun Satya Negara.

Liputan6.com, Sukoharjo - Dalam rangka HUT ke-35 BUMN, Pegadaian mengadakan acara jalan sehat dan pameran kuliner di Alun-Alun Satya Negara Kabupaten Sukoharjo, Minggu (5/3/2023). Kegiatan itu diselenggarakan secara serentak, dan melibatkan puluhan pelaku UMKM, mulai dari kuliner hingga barang kerajinan tangan.

Acara yang bertema Jalan Sehat bersama BUMN itu dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, dan dihadiri oleh Direktur Umum PT Pegadaian, Gunawan Sulistyo, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim Sukoharjo, dan pejabat Forkominda lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Direktur Umum PT Pegadaian, Gunawan Sulistyo menyebut acara jalan sehat tersebut adalah salah satu cara pihaknya merayakan HUT BUMN, sekaligus ajang sosialisasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Pegadaian yang ditujukan untuk para pelaku UMKM khususnya pemula.

"PT Pegadaian memiliki program KUR untuk semua masyarakat yang memiliki usaha. Jika ada masyarakat yang mau membeli barang-barang lainnya seperti membeli sepeda motor, emas dan barang lainnya bisa ajukan saja ke kami," kata Gunawan kepada awak media, Minggu (5/3/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penambahan Target Pinjaman

Dirinya menyebut pada periode tahun lalu, targetnya sudah tercapai dan pada tahun 2023 ini pihaknya akan menambah target capaian agar masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan bisa mendapatkan kesempatan yang sama. 

"Target kami 1.200 tapi yang melakukan pengajuan mencapai 1.500, tahun ini kita tingkatkan kuotanya. Bunganya juga tahun kita turunkan dari 6 % turun hingga 5%," tutur dia. 

Dalam waktu bersamaan, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menuturkan dalam rangka HUT BUMN tersebut pihaknya akan menggenjot program-program dalam rangka membangkitkan perekonomian masyarakat khususnya pascapandemi Covid-19 bagi para pelaku usaha atau UMKM. 

"Disampaikan tadi ada program dari Pegadaian yang memberikan bantuan berupa KUR untuk masyarakat, khususnya yang memiliki usaha. Semoga program itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan usahanya," ucap Bupati Etik.

Sementara itu, dalam pameran itu banyak usaha-usaha UMKM dipamerkan seperti produk makanan nasi liwet, jamu gendong, snack, dan produk kerajinan lainnya. Bupati Etik dan pejabat yang hadir sempat membeli produk kuliner dan mencicipinya di area panggung jalan sehat tersebut. 

Johan, salah satu pengunjung warga Sukoharjo Kota mengaku senang dengan adanya acara jalan sehat tersebut. Tak hanya bisa menikmati kegiatan olahraga, dirinya bersama keluarga bisa melakukan wisata kuliner pada hari libur mereka.

"Banyak stan kuliner yang buka, tadi sempat coba beli dan mencobajamu gendong. Karena Sukoharjo terkenal dengan Kota Jamu, jamunya di sini memang punya rasa khas," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini