Sukses

Ternyata Ini Alasan Jahe dan Bawang Putih Jadi Bumbu Utama Chinese Food

Jahe dan bawang putih adalah bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan Cina karena memberikan rasa dan aroma yang khas dan nikmat pada masakan, serta memiliki khasiat dan manfaat kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ciri khas dari chinese food adalah bumbu masakannya yang cukup sederhana. Yaitu bawang putih dan jahe. Ternyata, ada alasan khusus di balik penggunaan keduanya.

Jahe dan bawang putih adalah bahan dapur yang sering digunakan dalam masakan Cina karena memberikan rasa dan aroma yang khas dan nikmat pada masakan.

Selain itu, kedua bahan ini juga memiliki khasiat dan manfaat kesehatan yang sudah dikenal sejak lama dalam pengobatan tradisional Cina.

Jahe, misalnya. Tanaman ini dikenal karena sifatnya yang hangat dan pedas, serta kandungan gingerol dan shogaol yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. 

Jahe sering digunakan dalam masakan Cina untuk menambahkan rasa pedas dan aromanya yang khas pada masakan seperti sup, mie, dan hidangan daging.

Sementara bawang putih, memiliki rasa yang kuat dan aroma yang tajam serta kandungan senyawa allicin yang berkhasiat sebagai antibakteri, antijamur, dan antioksidan. 

Bawang putih sering digunakan dalam masakan Cina sebagai bumbu dasar untuk memberikan rasa dan aroma yang kuat pada banyak makanan khas Cina.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digunakan Sebagai Obat

Alasan penggunaan jahe dan bawang putih tidak hanya sekadar urusan dapur. Karena pada faktanya, bawang putih dan jahe sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina.

Keduanya, jahe dan bawang putih digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, menghangatkan tubuh, serta membantu meredakan gejala pilek dan flu.

Alasan ini juga yang kemudian digunakan untuk menjadikan bawang putih dan jahe sebagai bumbu utama banyak makanan khas Cina. Warga Cina percaya, baik jahe maupun bawang putih bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.