Sukses

Plaza 16 Ilir, Destinasi Wisata Teranyar di Tepian Sungai Musi, Masuknya Gratis!

Berada di lokasi yang strategis yakni bersebelahan dengan Pasar Tradisional 16 Ilir dan bibir sungai Musi, Plaza 16 Ilir menjadi destinasi anyar yang wajib disambangi.

Liputan6.com, Palembang - Pelancong yang datang ke kota Palembang kini bisa menikmati destinasi wisata baru di tepian Sungai Musi. Plaza 16 Ilir namanya.

Berada di lokasi yang strategis yakni bersebelahan dengan Pasar Tradisional 16 Ilir dan bibir sungai Musi, Plaza 16 Ilir menjadi destinasi anyar yang wajib disambangi.

Baru saja diresmikan beberapa pekan lalu, kawasan yang mudah diakses dari pusat Kota Palembang ini menawarkan pemandangan yang ciamik.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan sungai Musi melalui jarak dekat dan aman. Ini karena di sekitar Plaza 16 Ilir telah dipasang pagar pembatas.

Pembangunan Bertahap

Meski terletak di lokasi strategis dan sebagai bagian dari proyek percepatan penataan kawasan sekitar Jembatan Ampera dari kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, rupanya pembangunan Plaza 16 Ilir tak dilakukan dengan waktu yang singkat.

Obyek wisata baru ini memakan waktu yang cukup lama yakni selama lima tahun mulai 2018-2023.

"Pembangunanya memang sedikit terlambat karena alokasi anggarannya setiap tahun tidak banyak sehingga pembangunannya dilakukan secara bertahap," ungkap Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VII Sumsel Babel, Muhammad Fahmi.

Sementara dari sisi biaya, alun-alun dengan luasan 64,53x14,50 meter ini menelan biaya pembangunan yang fantastis yaitu sebesar Rp7,5 miliar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masuk Gratis

Keberadaan Plaza 16 Ilir tak sekadar ditujukan sebagai salah satu tujuan wisata masyarakat. Di Plaza yang akan segera diresmikan ini berada dekat dengan lokasi wisata kuliner.

Biaya masuk ke kawasan ini pun gratis alias tanpa biaya. Pengunjung pun bebas berada di kawasan ini atau tak dibatasi waktu kunjungan.

Hanya perlu berjalan kaki kira-kira tiga menit saja, pengunjung plaza dapat menikmati aneka kuliner khas kota Palembang mulai dari pempek, tekwan hingga pindang beragam ikan.

Tak perlu ragu, harga berbagai makanan khas ini cukup terjangkau yakni mulai Rp5 ribu per porsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.