Sukses

Tak Cuma Lampu Kota, Ini 5 Tempat Wisata Alam Surabaya yang Menyejukkan

Berikut deretan destinasi wisata alam Surabaya yang wajib kamu kunjungi

Liputan6.com, Surabaya - Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Kota ini juga merupakan Ibu Kota Jawa Timur.

Meski berstatus kota metropolitan, Surabaya tetap memiliki destinasi wisata yang menawarkan keindahan alamnya. Berikut deretan destinasi wisata alam Surabaya yang wajib kamu kunjungi:

1. Kebun Raya Mangrove

Wilayah pesisir Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) menyimpan keindahan alam yang sangat eksotis. Kebun Raya Mangrove membentang dari mangrove Gunung Anyar-Medokan Sawah hingga Wonorejo-Keputih.

Hingga kini, Pemkot Surabaya terus melakukan penataan sekaligus pengembangan kawasan tersebut.Pada sisi Mangrove Gunung Anyar, Pemkot memfokuskan pada wahana wisata perahu atau susur sungai.

Sementara itu, di Mangrove Medokan Sawah, telah dilengkapi dengan sejumlah wahana permainan, seperti sepeda air, ATV, spot foto, wahana perahu atau susur sungai, serta kuliner. Wisata alam ini bisa menjadi destinasi edukasi, penelitian, maupun wisata alam di Surabaya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Romokalisari Adventure

2. Romokalisari Adventure

Romokalisari Adventure atau Romokalisari Adventure Land baru saja diresmikan Wali Kota Surabaya 25 September 2022 lalu. Destinasi wisata yang berdampingan dengan Rusun Romokalisari, Kecamatan Benowo Surabaya, ini lokasinya berada di pesisir pantai utara Surabaya.

Romokalisari Adventure Land menawarkan sejumlah wahana yang menarik. Terdapat tujuh macam wahana yang bisa dinikmati pengunjung, di antaranya playground, mini zoo, arena berkuda, ATV, kano dan sekoci di mangrove, serta jetski.

3. Taman Hiburan Pantai Kenjeran

Wajah baru Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya saat ini semakin indah setelah mengalami renovasi pada 2021. Bahkan, Pemkot terus mengembangkan salah satu destinasi wisata di wilayah Kecamatan Bulak ini.

Selain menawarkan wisata alam berupa pantai, THP Kenjeran juga dilengkapi aneka jajanan dan kuliner. Setidaknya ada 197 UMKM di lokasi ini.

4. Taman Hutan Raya (Tahura)

Selain destinasi wisata alam di pesisir pantai, Surabaya juga memiliki sejumlah Taman Hutan Raya (Tahura). Beberapa Tahura tersebut, di antaranya Tahura Balas Klumprik, Tahura Pakal I & II, Tahura Lempung, dan Sentra Pertanian Terpadu Jeruk.

Selain dipenuhi berbagai jenis pepohonan, Tahura di Surabaya juga dilengkapi dengan tambak-tambak yang diisi dengan budidaya ikan. Pengunjung juga bisa melakukan wisata susur Sungai Kalimas hingga berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya (KBS).

5. Wisata Sontoh Laut

Wisata Sontoh Laut berada di Kampung Nelayan Sontoh Laut, Tambak Sarioso, Asem Rowo, Surabaya. Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan laut dengan hutan bakau.

Pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan sambil duduk bersantai di gazebo. Selain itu, banyak kuliner lezat di sekitar lokasi yang bisa dicoba.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.