Sukses

Mengintip Instalasi Mural 3D di Terowongan Kendal Jakarta, Terinspirasi dari Serial The Last of Us

The Last of Us merupakan serial post-apocalyptic terbaru hasil adaptasi video game bertajuk serupa yang dikembangkan Naughty Dog.

Liputan6.com, Jakarta - Terowongan Kendal Jakarta terlihat semakin cantik karena terdapat instalasi mural 3D. Karya teranyar Muralis Cep Toha ini terinspirasi dari serial Amerika Serikat 'The Last of Us'.

Cep Toha mengatakan, mural 3D ini merupakan hasil kolaborasi seniman mural, Pemprov DKI Jakarta, dan JXB. Ia merasa bangga bisa terlibat menjadi salah salah satunya.

Lewat instalasi kreatif mural 3D yang terinspirasi dari serial 'The Last of Us' ini, Cep Toha berupaya mengakomodasi tren terkini warga Jakarta sebagai kota global. Hadirnya karya ini juga menjadi bentuk koneksi antara audiens Indonesia dengan industri kreatif global.

Serial yang menghadirkan aktris senior Indonesia, Christine Hakim, tersebut menjadi dasar ide kreatif dibuatnya mural 3D di ruang publik sepanjang 34 dan 25 meter. Di sisi lain, mejengnya karya seni mural 3D Cep Toha di Terowongan Kendal Jakarta ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan dan pengembangan industri perfilman sebagai bagian dari sektor ekonomi kreatif. 

Selain itu, karya seni ini juga menjadi salah satu bukti Jakarta dapat menjadi ruang kota yang bersahabat bagi para pelaku kreatif dan komunitas. Para seniman juga senantiasa diberi tuang untuk mengekspresikan karyanya di tengah kota sekaligus menjadi pemantik bagi perkembangan industri ekonomi kreatif Jakarta ke depannya. 

Sebelumnya, JXB telah menggelar kegiatan serupa, di antaranya Mural Jakarta Hajatan di Terowongan Kendal dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta. Selain itu juga menghadirkan mural di tengah Plaza Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, untuk mengaktivasi kawasan Kota Tua dan memeriahkan tren global yang sedang hadir di Indonesia.

Adapun The Last of Us merupakan serial post-apocalyptic terbaru hasil adaptasi video game bertajuk serupa yang dikembangkan Naughty Dog. Secara garis besar, The Last of Us mengisahkan Joel (Pedro Pasca), penyelundup yang bertugas mengawal Ellie (Bella Ramsey) untuk melintasi Amerika Serikat pasca-apokaliptik.

Serial ini ditulis Craig Mazin (Chernobyl) bersama Neil Druckmann yang pernah menjadi produser eksekutif Uncharted. The Last of Us memiliki sembilan episode yang mulai tayang perdana pada 16 Januari 2023 di Indonesia. Penonton di Indonesia bisa menonton The Last of Us setiap Senin di HBO GO.

(Resla Aknaita Chak)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.