Sukses

Suhu Kota Palu Terpanas se-Indonesia, Apa Penyebabnya?

BMKG mencatat sejak 4 dan 5 Januari suhu maksimum Kota Palu menjadi yang terpanas se-Indonesia.

Liputan6.com, Palu - Suhu maksimum Kota Palu tercatat menjadi yang tertinggi se-Indonesia pada 4 dan 5 Januari 2023. Sejumlah faktor disebut jadi penyebabnya.

BMKG mencatat sejak 4 Januari pukul 07.00 WIB sampai dengan 5 Januari pukul 07.00 WIB suhu maksimum Kota Palu mencapai 35.6 derajat Celsius, tertinggi se-Indonesia.

Suhu yang lebih dari itu bahkan terjadi sehari sebelumnya yakni 36.2 derajat Celsius atau urutan ke-2 terpanas se-Indonesia di bawah suhu di Papua atau yang tercatat oleh Stasiun Meteorologi Tanah Merah Boven Digoel.

Pihak BMKG Stasiun Mutiara Palu menjelaskan, terjadinya dua kondisi alam memengaruhi perubahan suhu itu.

"Selain tutupan awan yang kurang, La Nina dan El Nino sekarang saling tarik, makanya suhu bisa ekstrim sekali lalu bisa berubah biasa-biasa saja," Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Mutiara Palu, Affan Nugraha menjelaskan, Kamis, (5/1/2023).

Dari data yang tercatat di BMKG Stasiun Mutiara Palu, Affan menyebut suhu di Kota Palu diprakirakan menuju ke kondisi kekeringan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.