Sukses

Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Sinaksak-Dolok Merawan Difungsikan Jalur Alternatif Nataru

Untuk mendukung kelancaran mobilitas kendaaraan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), PT Hutama Marga Waskita membuka fungsional 2 ruas tol di Sumatera Utara (Sumut), bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Liputan6.com, Medan Untuk mendukung kelancaran mobilitas kendaaraan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), PT Hutama Marga Waskita membuka fungsional 2 ruas tol di Sumatera Utara (Sumut), bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Jumat (23/12/2022) menyampaikan, pada momentum Nataru kali ini ada 2 ruas tol yang difungsikan sebagai jalur alternatif.

Jalur alternatif tersebut yaitu ruas Tol Tebing Tinggi-Indrapura sepanjang 20,4 Kilometer (Km) dan Tol Serbelawan (Dolok Merawan)-Sinaksak sepanjang 15,6 Km. Progress konstruksi pada kedua ruas tol tersebut belum sepenuhnya selesai.

Rute Seksi 1 dan Seksi 2 Tebing Tinggi-Indrapura progres konstruksi sudah mencapai 96,74 persen, sedangkan Rute Seksi 3 dan Seksi 4, Serbelawan (Dolok Merawan)-Sinaksak progres konstruksi sudah mencapai 88,10 persen.

"Saat ini, kondisi kedua ruas tol tersebut masih terdapat beberapa titik pekerjaan konstruksi jembatan dan perkerasan jalan. Kami imbau kepada pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan rambu-rambu yang tersedia," kata Dindin.

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Patuhi Imbauan Kecepatan Kendaraan

Diterangkan Dindin, mengingat kedua ruas tol tersebut masih belum selesai 100 persen, diharapkan pengguna jalan agar memperhatikan kecepatan maksimum kendaraan yang sudah ditentukan di ruas tol fungsional, yakni 40 Km/jam.

"Khusus pada area pekerjaan jembatan, diimbau untuk menurunkan kecepatan menjadi 5 Km per jam," imbaunya.

Hutama Marga Waskita bersama Bina Marga, Dinas Perhubungan, dan Satlantas Polres setempat juga membentuk posko pelayanan. Tujuannya dapat melayani dan memastikan keamanan pengguna jalan selama melintas.

Disebutkan Dindin, berdasarkan hasil Rapat Monitoring dan Evaluasi dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), fungsional kedua ruas tol tersebut dibuka H-3 hingga H+7 Nataru 2022/2023, dimulai Jumat, 23 Desember 2022 sampai dengan Minggu, 8 Januari 2023.

"Ruas tol dibuka satu arah dengan memperhatikan situasi dan kondisi kepadatan arus kendaraan yang melintas di Jalan Nasional," terangnya.

3 dari 3 halaman

Masih Gratis

Kendaraan yang bisa melintas khusus untuk kendaraan penumpang Golongan I (non bus) dengan jam operasional pada pagi hari pukul 08.00 WIB hingga 17.30 WIB. Pengguna jalan dapat melewati kedua ruas jalan tol tersebut secara gratis, karena belum diberlakukan tarif.

"Kita juga imbau pengguna jalan agar mengecek kondisi kendaraan sebelum mengemudi, memastikan kondisi dalam keadaan prima, dan tidak mengemudi dalam kondisi mengantuk serta selalu mengutamakan keselamatan," Dindin menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.