Sukses

6 Kuliner Khas Tanjung Balai Karimun, Didominasi Serba Mi

Berikut rekomendasi enam kuliner Tanjung Balai Karimun yang wajib kamu coba

Liputan6.com, Riau - Tanjung Balai Karimun merupakan ibu kota Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Tanjung Balai Karimun dikenal dengan istilah Bumi Berazam.

Tanjung Balai Karimun berlokasi tak jauh dari negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura. Tak heran jika daerah yang menjadi jalur pelayaran internasional ini memiliki ragam kuliner lezat.

Jika kamu berencana berkunjung ke wilayah ini, sempatkan untuk berburu kuliner khasnya. Berikut rekomendasi enam kuliner Tanjung Balai Karimun yang wajib kamu coba:

1. Lendot

Lendot merupakan sajian berbahan dasar bayam dan kangkung. Dalam pengolahannya, bahan-bahan tersebut biasanya dicampur dengan bahan lain, seperti udang, cumi, dan ikan.

Makanan ini memiliki kuah dengan tekstur kental. Kekentalan kuah ini didapat dari sagu, sehingga membuat kuah seolah terlihat seperti lendir. Sajian ini biasanya dinikmati bersama dengan sambal terasi dan nasi hangat.

2. Lontong Paha

Lontong paha merupakan sajian berupa lontong yang dipadukan dengan gulai paha ayam. Satu porsi lontong paha sangat pas disantap saat sarapan.

Selain paha, sajian ini juga bisa dinikmati dengan bagian ayam lainnya, seperti dada atau sayap. Lontong ini semakin nikmat dengan aneka topping, seperti sambal kentang kering, suwiran ikan bilis, potongan tahu, labu, hingga sayur buncis.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mi Hun Seafood

3. Mi Hun Seafood

Mi hun Seafood disajikan dengan cara digoreng menggunakan kecap asin dan kecap manis. Selanjutnya, makanan ini disiram dengan kuah kental yang sudah berisi campuran seafood lainnya, seperti ikan, udang, serta cumi-cumi. Untuk menambah sensasi, sajian ini bisa dinikmati dengan menambahkan potongan cabai rawit yang direndam dalam kecap asin.

4. Mi Lendir

Mi lendir merupakan campuran mi kuning dengan berbagai bahan makanan lainnya. Mi ini memiliki kuah yang kental, layaknya lendir. Bahan lain yang membuat kuah lendir semakin nikmat adalah campuran ubi jalar dan kacang tanah.

5. Mi Siam Kuning

Selain mi lendir, sajian berbahan mi lainnya dari Tanjung Balai Karimun yang bisa dicoba adalah mi siam kuning. Makanan ini merupakan mi kuning atau soun yang disajikan dengan kuah tauco. Sebagai pelengkap, mi siam kuning biasanya dinikmati dengan menambahkan telur, udang, tahu putih, tauge, dan mentimun.

6. Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan makanan khas Tanjung Balai Karimun yang menyajikan lauk pauk khas kultur melayu. Umumnya, makanan ini ditaburi topping, seperti ikan bilis, rendang, telur yang dibelah dua, ikan asin sering, dan sambal blacan.

Topping inilah yang menjadi keunikan tersendiri pada nasi lemak Tanjung Balai Karimun. Tak heran, jika nasi lemak menjadi salah satu kuliner khas Tanjung Balai Karimun yang banyak dicari.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.