Sukses

Dilempar Batu saat Kunjungi Pasar Rengasdengklok, Bupati Karawang Cellica Bilang Begini

Liputan6.com, Bandung - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan rombongannya dilempari batu serta petasan ketika mengunjungi Pasar Rengasdengklok Rabu (7/12/2022). Namun, ketika bupati datang ke sana disambut dengan pembakaran ban serta kepulan asap yang tebal.

Peristiwa tersebut terjadi ketika Pemerintah Kabupaten Karawang mempunyai agenda untuk berkunjung ke Pasar Rengasdengklok. Pembakaran ban dan kerusuhan pun terlihat dalam video yang di unggah di Instagram sang bupati.

Kami sangat menyesalkan niat baik kami untuk menata Rengasdengklok agar lebih rapi, tertata dan nyaman dibalas dengan lemparan batu, petasan, botol kaca, balok kayu serta acungan samurai dan senjata tajam,” kata Bupati Karawang dikutip dari Instagram pribadinya @cellicanurrachadiana.

Cellica menyebutkan bahwa kejadian tersebut terjadi karena adanya oknum-oknum LSM yang mengatasnamakan pedagang dan membuat kejadian tersebut menjadi tidak terkendali dan rusuh.

Kami begitu prihatin, provokasi oknum2 LSM yang mengatasnamakan pedagang telah membuat penataan pasar yang awalnya kondusif, menjadi rusuh,” tulisnya.

Selain itu, Cellica mengemukakan kedatangannya murni agar pasar tertata rapi.

"Kami ingin para pedagang punya pasar yg rapih, rakyat sejahtera, dagangannya makin laris, tempat usahanya nyaman dan bersih, Dengkloknya lebih tertata, tidak jorok dan bau," ujarnya.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, saya berharap para pedagang pasar Dengklok bisa lebih jernih melihat persoalan pasar Dengklok yang sudah puluhan tahun kumuh, macet, bau dan jorok. Jangan mau dimanfaatkan oknum2 LSM yang hanya ingin membuat Dengklok tidak kondusif dengan memanfaatkan keberadaan teman2 pedagang. Dengklok milik kita, maju dan mundurnya tergantung kita," kata Cellica menegaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Siapa Cellica Nurrachadiana?

Melansir dari situs Karawangkab.go.id, nama lengkap dari Bupati Karawang adalah dr. Cellica Nurrachadiana atau akrab disapa teh Cellica. Ia merupakan kelahiran Bandung, 18 Juli 1980.

Cellica Nurrachadiana menempuh pendidikan SD BPI 1 Bandung, SMP BPI 1 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan berkuliah di Fakultas Kedokteran Umum Universitas Maranatha Bandung.

Kemudian, kuliah di Pascasarjana Magister Hukum Kesehatan di Universitas Soegiapranata.

Sebelum menjabat menjadi Bupati Karawang, Cellica pernah menjadi Anggota DPRD di Provinsi Jawa Barat dari 2009 hingga 2010. Kemudian Wakil Bupati Karawang (2010-2014), Plt. Bupati Karawang (2014-2015) dan menjadi Bupati Karawang dari 2016 hingga sekarang.

Cellica sudah aktif berorganisasi sejak kecil dan pernah menjadi Dokter Kecil SD BPI 1 Bandung, Wakil Ketua Osis SMP BPI 1 Bandung, Pengurus Harian OSIS SMAN 5 Bandung, hingga Senat Mahasiswa Universitas Maranatha Bandung.

Ia juga pernah menjadi Deklarator Koalisi Kerakyatan, Ikatan Istri Anggota Dewan (IKIAD) Prov Jawa Barat, KPPI Prov Jawa Barat, Ketua Cabor Anggar Kab Karawang, Ketua Perwosi Kab Karawang, Dewan Penasehat Karang Taruna, Dewan Nasehat Periska Karawang, dan Dewan Penasehat KONI Kab Karawang.

Bupati Karawang ini juga mempunyai riwayat kepartaian seperti berikut:

1. Wakil Ketua Bidang Kesehatan DPD Partai Demokrat Prov. Jawa Barat.

2. Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Karawang.

3. Ketua Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI) Kabupaten Karawang.

4. Dewan Penasehat PDIB (Pemuda Demokrat Indonesia Bersatu).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS