Sukses

Ini Syarat Korea Selatan Bisa Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022 Dampingi Portugal

Liputan6.com, Jakarta - Laga sengit bakal tersaji di pertandingan terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, mempertemukan Korea Selatan vs Portugal, yang berlangsung di Stadion Kota Pendidikan, Qatar, Jumat (2/12/2022), pukul 22.00 WIB.

Skuad berjulukan Taeguk Warriors harus mampu melibas Portugal yang kini kokoh di peringkat pertama klasemen sementara Grup H, jika ingin menjaga asanya lolos ke fase 16 besar.

Kemenangan saja memang tak cukup bagi Korea Selatan. Ada faktor lain bagi Son Heung Min untuk bisa lolos ke babak gugur, yakni ditentukan oleh hasil laga Ghana kontra Uruguay yang akan dilangsungkan berbarengan dengan laga Korea versus Portugal.

Christiano Ronaldo dan kolega sudah memastikan lolos ke fase 16 besar karena mereka sudah mengoleksi enam poin dari dua laga sebelumnya. Sementara itu, di peringkat kedua ditempati Ghana dengan koleksi tiga poin.

Korea Selatan berada di peringkat tiga dengan torehan satu poin. Mereka dibuntuti oleh Uruguay yang juga memiliki poin sama berada di peringkat bontot klasemen Grup H.

Korea dan Uruguay hanya memiliki perbedaan selisih gol saja, di mana Luis Suarez dkk memiliki selisih gol minus dua gol, sementara Korea minus satu gol.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Skema

Lantas bagaimana caranya Korea bisa lolos ke fase 16 besar. Macan Asia diharuskan menang dengan skor 2-0 atas Portugal, dan Ghana meraih hasil imbang saat berhadapan dengan Uruguay.

Alhasil poin Korea dan Ghana akan sama-sama memiliki empat poin, tapi Korea unggul dari selisih gol di mana mereka memiliki selisih gol 1, sementara Ghana hanya memiliki selisih gol 0.

Lain cerita, saat Gana kalah dari Uruguay. Maka peluang Korea akan lebih besar lolos ke fase 16 besar dengan syarat harus menang melawan Portugal.

Ilustrasinya, jika Korea menang 1-0 atas Portugal, dan Uruguay menang 2-0 atas Ghana, maka otomatis Korea lolos mendampingi Portugal ke fase selanjutnya.

Uruguay harus menang dengan skor besar atas Ghana untuk bisa lolos ke fase 16 besar Piala Dunia.

Skema di atas, bakal tak ada artinya, saat Ghana mampu menekuk Uruguay dengan skor tipis sekalipun. Pasalnya, Ghana akan otomatis lolos ke babak 16 besar meski Korea mampu membantai Portugal pada malam nanti.

3 dari 3 halaman

Klasemen

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS