Sukses

Varietas Baru, Mangga Arum Merah Buah Lokal Asal Situbondo

Liputan6.com, Palangka Raya- Jika pada umumnya warna kulit mangga berwarna hijau kekuningan. Kali ini ada jenis mangga varian baru berwana merah keunguan yang bernama Mangga Arum Merah Situbondo.

Bahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, ikut memposting foto mangga tersebut melalui akun instragram pribadinya. “Kenalkan, varietas mangga baru dari Situbondo, Jawa Timur yang baru saja dipanen perdana. Namanya, Mangga Arum Merah Situbondo,” tulis Khofifah.

Sebagai wilayah yang menjadi kantong produksi mangga di provinsi Jawa Timur. Kabupaten Situbondo terus berupaya memformulasikan semua potensi plasma nutfah buah mangga yang ada.

Hal itu dilakukan untuk meramaikan bursa pasar hortikultura buah dalam skala nasional maupun internasional. Bahkan keberadaan varietas mangga Arum Merah Situbondo menambah daftar varietas mangga yang dikembangkan di wilayah ini.

Mangga Arum Merah telah mendapat pengakuan sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor: 237/Kpts.PV.240/VI/2022 Tentang Pemberian Daftar Varietas Tanaman Hortikultura.

Buah ini merupakan varietas lokal yang telah beradaptasi di dataran rendah iklim kering. Varietas ini tergolong dalam tipe klon yang bibitnya berasal dari pohon induk tunggal yang tumbuh di Desa Bayeman Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Dilansir dari website resmi pemerintah Provinsi Jawa Timur, produksi mangga Kabupaten Situbondo pada tahun 2021 mencapai 27.682 ton terdiri dari 3 varietas yakni Arumanis, Manalagi Situbondo dan Garifta Merah.

Pihaknya mulai mengenalkan varietas Mangga Arum Merah pada masyarakat melalui perbanyakan bibit, agar populasi tanaman produktif terus bertambah dan dapat dipasarkan di mancanegara.

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS