Sukses

Gol Pertama Portugal vs Uruguay, Ronaldo atau Fernandes? Ini Faktanya!

Liputan6.com, Jakarta - Pertandingan lanjutan babak penyisihan Grup H, Piala Dunia 2022 mempertemukan Portugal kontra klub asal Amerika Selatan, Uruguay. Pada laga tersebut Uruguay harus rela menelan kekalahan dengan skor 2-0.

Laga yang berlangsung di Stadion Lusail, Selasa (29/11/2022), dini hari tersebut menyajikan hal menarik. Pencetak gol pertama Portugal menjadi perebutan antara Cristiano Ronaldo dengan Bruno Fernandes.

Setelah gol pertama itu terjadi, mantan bintang Manchester United itu melakukan selebrasi dengan sangat liar sambil menghampiri Fernandes. Aksi tersebut seolah olah dirinya yang mencetak gol tersebut berkat umpan silang yang diberikan Fernandes.

Akan tetapi, tayangan ulang tidak meyakinkan hingga membuat banyak orang bertanya-tanya apakah benar Ronaldo yang mencetak gol kompetitif ke-100 untuk negaranya, atau justru hanya melakukan selebrasi karena dirinya sudah berhasil mengelabui kiper hingga bola itu bersarang.

Kebingungan itu juga ternyata dialami oleh penyiar. Di menit-menit awal gol tercipta, nama yang tertulis di papan skor adalah Cristiano Ronaldo. Namun setelah berselang waktu, nama itu justru berubah menjadi Bruno Fernandes.

Komentator Ally McCoist juga sempat memberikan komentar soal gol tersebut. Ia memberikan prediksi yang akan diucapkan oleh Ronaldo setelah laga usai.

"Saya jamin setelah pertandingan dia [Ronaldo] mengatakan dia menyentuhnya," komentar Ally McCoist.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sulit Dibedakan

Terlepas dari sekian tampilan yang ditayangkan televisi, masih sulit untuk melihat apakah pemain berusia 37 tahun itu benar-benar pencetaknya atau bukan. Pada akhirnya gol tersebut diberikan kepada Fernandes.

Akan tetapi foto-foto tertentu menunjukkan bahwa Ronaldo memang memenuhi umpan silang dan tidak ada celah yang jelas antara rambutnya dan bola. Meski hanya rambutnya yang kena, semestinya memang Ronaldo pencetaknya.

Banyak penggemar di media sosial Twitter merasakan hal yang sama.

"Rambutnya menyentuhnya," tulis @adnan68***

Warganet lain menambahkan: "Anda dapat dengan jelas melihat dalam gambar yang dia lakukan," tambah @mollah_t***

Ketiga menjawab: "Anda memutuskan sendiri, tampaknya cukup jelas bahwa dia mendapat sentuhan," tulis @yare***

Keempat berkata: "Tentu saja dia melakukannya ... rambut dewa," tulis @@fajaryah***

3 dari 4 halaman

Tidak Ada Perdebatan

Tidak ada perdebatan tentang gol kedua Portugal. Setelah Ronaldo ditarik keluar, juara Euro 2016 tersebut mendapatkan hadiah penalti dari wasit.

Fernandes mengambil alih tugas penembak penalti karena Ronaldo sudah menghuni bangku cadangan. Fernandes dengan tenang mengkonversi peluang dari titik putih menjadi gol.

Perolehan tersebut memastikan kemenangan 2-0 bagi skuad arahan Fernando Santos dan membuat Portugak berhasil melaju ke babak 16 besar.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS