Sukses

Intip Peluang Pendapatan Bekerja Lewat Media Sosial

Semakin banyak pula peluang pekerjaan baru yang bermunculan dan berhubungan dengan dunia maya

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan media sosial membuat semua orang tersihir untuk aktif dan berinteraksi melalui jagat maya.

Media sosial juga digunakan sebagai media untuk melakukan bisnis yang berupa pemasaran digital. 

Semakin banyak pula peluang pekerjaan baru yang bermunculan dan berhubungan dengan dunia maya. 

Seperti influencer, sosial media strategi hingga marketing communication. Bahkan profesi ini juga mendapatkan gaji yang cukup menggiurkan. 

Berikut profesi yang bisa menghasilkan uang yang besar melalui media sosial.

Influencer 

Sosial media influencer adalah orang yang aktif dan memiliki banyak pengikut di media sosial, juga apapun yang mereka lakukan akan berpengaruh terhadap followersnya. Contohnya saja seperti Selebgram atau Youtuber. 

Selain aktif dan memiiki banyak followers, untuk menjadi seorang sosial media influencer juga harus kreatif dalam membuat konten serta memiliki kemampuan yang baik dalam menjaga hubungan sosial khususnya dengan para pengikutnya. 

Setidaknya seorang sosial media influencer dapat memiliki penghasilan mencapai USD35.000-50.000 pertahun, tergantung dari pengalaman dan skill yang ia punyai.

Sosial Media Strategi 

Sosial media strategi juga sering disebut dengan sosial media specialist, yaitu orang yang mampu mengamati tren didunia media sosial serta mampu membuat startegi untuk mengembangkan bisnis. 

Seorang sosial media strategi harus memiliki keahlian seperti mampu membuat promosi yang efektif, bekerja sama dengan seorang copy writer untuk posting produk dimedia sosial, serta bisa melakukan analisis untuk tujuan kampanye produk. 

Di Amerika sendiri, seorang Sosial media strategi mendapatkan gaji USD 50.000 hingga USD79.000 pertahunnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Marketing Consultan

Marketing Consultan atau konsultan pemasaran, adalah orang yang bisa bekerja secara perorangan ataupun dalam bentuk consultan agency. 

Tugas utama seorang konsultan pemasaran adalah memberikan saran maupun nasehat kepada klien, yaitu berupa taktik pemasaran, riset tentang industri pasar dan semua yang bertujuan untuk pengembangan bisnis. 

Oleh karena itu seorang konsultan pemasaran selain memahami dunia sosial media, dia juga harus paham akan digital marketing. Tak heran jika profesi ini dapat memberikan penghasilan mencapai USD57.000 hingga USD150.000 per tahunnya. 

Comunity Manager

Untuk membangun digital branding diperlukan seorang comunity manager didalamnya. 

Tugas utama seorang manajer komunitas adalah menangani segala sesuatu dari pemasaran media sosial, PR, hubungan dengan pelanggan, menulis news letter, blog dan bentuk lain dari komunikasi perusahaan. 

Gaji rata - rata untuk pekerjaan ini adalah USD48.000 hingga USD73.000.

Marketing Communication Director 

Seorang marketing communication director harus bisa menjadi seorang consultan sekaligus seorang comunity manager. 

Tugas utama seorang direktur komunikasi pemasaran adalah mengawasi analisis pasar dan evaluasi, menciptakan dan melaksanakan startegi untuk meningkatkan pangsa pasar, menyetujui startegi pemasaran serrta promosi yang dilaksanakan bawahannya. 

Di Amerika, profesi ini mendapatkan gaji sebesar USD76.000 hingga USD140.000 per tahunnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.