Sukses

Agnez Mo dan Deretan Figur Indonesia yang Menghuni Museum Madame Tussauds

Liputan6.com, Bandung - Mendengar nama Madame Tussauds, tentu kita akan terbayang dengan koleksi patung lilin dari tokoh dunia. Ya, museum ini tak pernah sepi pengunjung meski dibangun sejak 200 tahun silam.

Salah satu figur asal Indonesia yang diabadikan sosoknya dalam koleksi patung lilin adalah aktris sekaligus penyanyi Agnez Mo. Pelantun 'Jera' itu baru saja menghadiri peresmian patung lilin dirinya yang diabadikan di Museum Madame Tussauds Singapura.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Madame Tussauds Singapore (@mtssingapore)

Peresmian itu dilaksanakan di Museum Madame Tussauds Singapura, Rabu (5/10/2022). Potret peresmian 'kembaran' Agnez dibagikan pula oleh Madame Tussauds Singapura melalui akun Instagram resmi mereka @mtssingapore.

"After a gruelling two-year wait, #MadameTussaudsSG today unveiled the world's first wax figure of international singer and songwriter, @agnezmo . (Setelah penantian dua tahun yang melelahkan, #MadameTussaudsSG hari ini meluncurkan patung lilin penyanyi-penulis lagu internasional pertama di dunia, @agnezmo)," tulis mereka dalam unggahan tersebut.

Patung lilin Agnez Mo semula akan dipamerkan pada 2020 lalu, namun karena pandemi rencana tersebut ditunda.

Madame Tussauds sendiri punya banyak lokasi di berbagai kota besar belahan dunia mulai dari London, New York, Berlin hingga Singapura. Koleksinya mencakup tokoh ternama dunia yang sangat mirip dengan aslinya. Tak heran jika museum selalu dipadati oleh wisatawan.

Adapun Madame Tussauds adalah sosok wanita bernama asli Anna Marie Groshotlz yang lahir di Strasbourg, Perancis pada 16 April 1850. Ia merupakan seorang seniman patung lilin yang bekerja sebagai guru seni dari saudara perempuan Raja Louis XVI. Setelah menghabiskan 9 tahun di istana, ia kembali ke Paris pada masa Revolusi Perancis.

Siapa pun sosok yang bisa diabadikan dalam bentuk patung lilin di Madame Tussauds, berarti sudah diakui dunia karena prestasi atau pamornya. Dari Indonesia sendiri sebelum Agnez Mo, ada empat nama yang berhasil jadi penghuni Madame Tussauds. Berikut figurnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Joko Widodo

Nama Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi masuk dalam galeri Madame Tussauds cabang Hong Kong sejak 2017. Patung lilin Jokowi dibuat dengan gaya outfit-nya yang khas, kemeja putih simpel. Senyumnya mengembang menyambut para pengunjung yang ingin datang berfoto bareng.

3 dari 5 halaman

Soekarno

Jokowi bukan Presiden Indonesia pertama yang dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds. Sebelumnya, sudah ada patung lilin Sukarno yang menghuni museum ini, bahkan tiga cabang sekaligus, yakni Bangkok, Thailand, dan Hong Kong.

Pada 24 September 2012, patung Sukarno diresmikan di Bangkok, Thailand. Posenya berbeda-beda di tiap museum, namun outfit-nya sama. Ketiga patung Sukarno juga mengenakan peci hitam khasnya.

4 dari 5 halaman

Anggun C Sasmi

Figur Indonesia lainnya adalah penyanyi Anggun C Sasmi. Anggun merupakan penyanyi Indonesia pertama yang sukses masuk dalam jajaran patung lilin Madame Tussauds. Patung Anggun diresmikan pada 2016 di Bangkok. Anggun dipilih karena ia adalah penyanyi Indonesia yang sukses menembus pasar internasional dengan merilis album di 33 negara berbeda.

5 dari 5 halaman

Rudy Hartono

Selain artis dan pemimpin, olahragawan Indonesia Rudy Hartono juga figurnya diabadikan dalam bentuk patung lilin. Karena kehebatannya seperti membawa Indonesia ke empat gelar Piala Thomas berturut-turut dan All England Championship tujuh kali berturut-turut, Rudy pun akhirnya dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds cabang Singapura.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS