Sukses

Ikatan Sepeda Sport Indonesia Bakal Gowes dari Sulbar ke IKN

Liputan6.com, Mamuju - Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Sulawesi Barat akan melaksanakan 'Gowes Sulbar to IKN 2022". Gowes yang akan dilaksanakan pada 2 Oktober 2022 itu dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Sulawesi Barat ke-18 yang jatuh pada 22 September 2022 kemarin 

Akan ada 70 peserta gowes yang akan mengikuti Gowes Sulbar to IKN 2022 ini. Jarak yang akan ditempuh peserta gowes sejauh 24 kilometer mulai lepas Gerbang Tol Semboja hingga ke TitiK Nol IKN di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Ketua ISSI Sulawesi Barat, Muhammad Idris mengatakan, segala persiapan sudah mereka lakukan untuk mensukseskan kegiatan ini. Tidak hanya pengurus ISSI saja yang ikut dalam kegiatan ini, namun juga sejumlah komunitas sepeda yang ada di Sulawesi Barat.

"Peserta dari pengurus ISSI Provinsi Sulbar, pengurus ISSI kabupaten dan sejumlah komunitas sepeda di Mamuju, termasuk Manakarra Sepeda Lipat," kata Idris kepada wartawan, Senin (26/09/22).

Idris menambahkan, dipilihnya Titik Nol IKN sebagai tujuan utama gowes dikarenakan, daerah yang akan menjadi pusat pemerintahan Indonesia itu merupakan titik referensi untuk menghitung ketinggian bangunan yang akan dibangun di Ibu Kota yang baru.

"Tempat ini tersohor karena pernah menjadi tempat berkemah Presiden Joko Widodo pada awal tahun lalu," ujar Idris yang juga Sekda Sulawesi Barat.

Untuk persiapan keberangkatan, Idris menerangkan, peserta akan berangkat pada 30 September 2022, gowes dari rumah jabatannya ke Pelabuhan Feri Simboro, kemudian menyeberang menggunakan kapal feri dari Mamuju ke Balikpapan. Peserta akan istrahat sehari saat tiba di Balikpapan pada 1 Oktober 2022 dan gowes ke IKN keesokan harinya.

"Allah akan kita laksanakan tanggal 30 September hingga 2 Oktober 2022," ujar Idris yang juga Sekda Sulawesi Barat.

Sebagai langkah pemanasan, ISSI Sulawesi Barat melakukan gowes bersama menyusuri kota Mamuju pada 24 September 2022. Rute yang dilalui mulai dari kompleks Perkantoran Pemprov Sulawesi Barat, lalu menyusuri Jalan Arteri hingga ke titik finish di Rumah Jabatan Sekda Sulawesi Barat.

"Kemarin kita melewati jalan poros Kota Mamuju dengan jarak tempuh kurang lebih 14 KM," tutup Idris.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.