Sukses

Dukung Pembangunan IKN, Pemda Sulawesi-Kalimantan Bertemu di Mamuju

Sejumlah pemerintah daerah se-Sulawesi dan Kalimantan berkumpul di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pemerintah daerah se-Sulawesi dan Kalimantan berkumpul di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pertemuan regional itu mengambil tema 'Pemerataan Pembangunan Daerah melalui Pembangunan IKN'.

Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik menyampaikan pertemuan itu untuk membahas rencana pembangunan sejumlah daerah disekitar IKN. Karena menurutnya, daerah penopang IKN diharapkan meningkatkan koordinasi dan kolaborasi kedepan. 

"Pertemuan ini mempererat silaturahmi dan momentum bagi kita meningkatkan koordinasi dalam mendukung IKN," ujar Akmal Malik di Mamuju, Kamis (01/09/22).

Akmal menjelaskan, pendemi Covid-19 mengajarkan pemerintah agar kedepan mendorong pertumbuhan ekonomi tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa. Karenanya penting meningkatkan arus perdagangan di setiap wilayah, salah satu sektor yang bisa didorong adalah mengoptimalkan konektivitas wilayah. 

"Tidak ada pilihan selain membuka akses. Mendorong konektifitas untuk mewujudkan pemerataan pembangunan," jelas Akmal yang juta Dirjen Otda Kemendagri itu.

Dengan begitu, kata Akmal, Sulawesi Barat dengan PDRB kecil dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain baik Sulsel dan Sulteng. Dia berharap untuk provinsi di Sulawesi segera berbenah, melakukan konsolidasi memperioritaskan infrastruktur strategis yang mendukung IKN.

"Begitu juga di Sulbar saat ini terus mendorong infrastruktur perhubungan, kita ingin setiap kabupaten memiliki pelabuhan, dan rencana kedepan bangun bandara perintis di dia kabupaten, Polman dan Pasangkayu ," tutup Akmal.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.