Sukses

Pengakuan Abu Bakar Ba'asyir Pertama Kali Ikut Upacara HUT RI

Liputan6.com, Solo - Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo menggelar upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia untuk pertama kalinya pada Rabu (17/8/2022). Bahkan, pendiri pondok pesantren tersebut, Abu Bakar Baasyir ikut hadir mengikuti upacara yang dipimpin inspektur upacar Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Upacara tersebut diikuti sekitar 600 santri dan ustaz Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki. Selain dihadiri Menko PMK, upacara perdana HUT ke-77 Kemerdekaan RI itu juga turut dihadiri Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achirrudin, Wakil Bupati Sukoharjo, Kapolres Sukoharjo dan Dandim Sukoharjo dan tamu undangan lainnya.

Abu Bakar Baasyir tampak duduk di barisan paling depan kursi tamu undangan. Ia tampak duduk berdampingan dengan Pembina Yayasan Pendidikan Al Mukmin, Muhammad Amir. Selain itu, para petugas upacara yang bertugas pada peringatan HUT RI  ke-77 merupakan para santri Al Mukmin Ngruki yang telah dilatih selama lima hari oleh personel TNI dan Polri.

Upacara peringatan HUT RI berjalan dengan khidmat. Pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Menko PMK Muhadjir Effendy. Saat pengibaran bendera Sang Merah Putih, semua peserta upacara dan tamu undangan tampak berdiri dan hormat. Hanya Abu Bakar Baasyir dan Muhammad Amir yang tidak hormat saat pengibaran bendera yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Momen Perdana Baasyir Upacara HUT RI

Setelah selesai pelaksanaan upacara HUT RI, Abu Bakar Baasyir mengaku baru pertama kalinya mengikuti upacara bendera untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/8/2022). “Baru kali ini sejak (pondok) berdiri,” kata Baasyir yang merupakan salah satu pendiri Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki.

Menurut dia, upacara HUT RI yang digelar di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki merupakan wujud bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebagai manusia memang menjadi kewajiban untuk bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan yang telah diberikannya seperti halnya kemerdekaan ini.

“Jadi memang kewajiban kita ini, apa saja yang dikaruniai oleh Allah harus kita balas bersyukur. Ini diwujudkan dalam upacara tetapi di masjid ini nampaknya ada juga diwujudkan dalam sujud syukur. Jadi upacara 17 Agustus itu bentuk bersyukur kepada Allah SWT,” tuturnya.

Namun Baasyir menambahkan bahwa saat ini Indonesai belum sempurna, pasalnya sebagai negara yang dikaruniakan oleh Allah itu harus diatur dengan hukum yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Esa.

"Itu sempurnanya bersyukur karena saat ini belum sempurna maka doakan saja mudah-mudahan pada suatu saat nanti Indonesia ini akan diatur dengan hukum dari Tuhan Yang Maha Kuasa supaya menjadi baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur,” sebutnya.

Sementara itu Menko PMK, Muhadjir Effendy bersyukur upacara yang digelar di Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki berjalan dengan lancar. Ia berpesan kepada para santri untuk terus belajar dengan giat.

“Di sini pendidikan akhlak pasti diutamakan, hanya perlu ada perimbangan antar ilmu umum dan ilmu agama. Ilmu agama yang dalam dilengkapi dnegan pengetahuan umum luas, saya yakin santri dan alumninya bisa ikut berpartisipasi mengisi kemerdekaan,” harapnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS