Sukses

Jadi Pegangan Hidup Kulit Wajah, Berikut Cara Penggunaan Retinol yang Tepat

Liputan6.com, Yogyakarta - Retinol merupakan salah satu bahan aktif yang banyak digunakan pada produk-produk perawatan kulit (skincare). Retinol merupakan turunan dari Vitamin A yang memiliki banyak fungsi, seperi mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, serta sebagai anti-aging.

Belakangan, kepopuleran retinol cukup meningkat karena banyak orang yang sudah membuktikan khasiat retinol. Bahkan, retinol dianggap sebagai 'holy grail’ atau pegangan hidup dalam dunia skincare.

Sebagai salah satu aktor utama dalam dunia skincare, khususnya anti-aging, retinol disebut memiliki kemampuan merangsang produksi kolagen. Tidak hanya itu, retinol juga mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati serta membuat tekstur kulit menjadi lebih halus.

Namun, seperti bahan aktif lainnya, ada beberapa aturan dalam penggunaan retinol agar tidak menimbulkan iritasi dan mendapatkan hasil maksimal. Berikut cara pakai retinol yang perlu disimak:

1. Gunakan takaran secukupnya

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, begitu juga saat menggunakan retinol. Ada beberapa kesalahan dalam penggunaan retinol yang umum dilakukan, di antaranya menggunakan retinol dengan jumlah yang terlalu banyak, menggunakannya terlalu sering, atau langsung menggunakan retinol dengan konsentrasi tinggi saat pertama kali pemakaian.

Alih-alih mendapat manfaat, justru malah akan menimbulkan iritasi. Sebaiknya, gunakan retinol dengan konsentrasi paling rendah dan gunakan bertahap satu kali dalam seminggu saat kali pertama percobaan.

Setelah kulit terbiasa, kamu bisa menambah jumlah konsentrasi atau mulai menggunakannya sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Teknik Sandwich

2. Gunakan teknik 'sandwich'

Seperti halnya roti sandwich, yakni mengapit bahan utama dengan dua bahan lain. Teknik ini bisa kamu gunakan saat mengaplikasikan retinol.

Caranya, pakai moisturizer sebelum dan sesudah memakai retinol, sehingga retinol di-sandwich oleh dua layer moisturizer. Meski terkesan berlebihan, teknik ini cukup membantu mencegah iritasi dan kulit kering akibat pemakaian retinol.

3. Gunakan hanya pada malam hari

Produk yang mengandung retinol biasanya dikemas dalam botol berwarna gelap. Hal ini dilakukan karena kebanyakan retinol adalah zat photolabile yang mudah rusak bila terkena cahaya terang atau sinar matahari langsung.

Itu sebabnya, poduk retinol lebih dianjurkan untuk digunakan pada malam hari. Selain itu, juga dianjurkan untuk memakai sunscreen pada pagi hari.

 

3 dari 3 halaman

Jangan Asal Campur

4. Hindari mencampur retinol dengan beberapa bahan aktif lain

Produk mengandung retinol sebaiknya tidak digunakan berbarengan dengan produk eksfoliasi maupun produk yang mengandung benzoil peroksida. Contoh kandungan di dalam produk eksfoliasi yaitu alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA).

Hal ini disebabkan karena campuran retinol dengan ketiga kandungan tersebut berisiko membuat kulit menjadi kering, mengelupas, dan iritasi. Sebagai solusinya, kamu bisa menggunakan ketiga produk tersebut pada waktu yang berbeda.

5. Hentikan penggunaan selama masa kehamilan dan menyusui

Pemakaian retinol jangka panjang atau dalam dosis besar meningkatkan risiko cacat lahir pada bayi yang lahir. Oleh sebab itu, kamu perlu menghentikan pemakaian zat ini selama kehamilan dan menggantinya sementara.

Selalu ikuti anjuran penggunaan pada label kemasan produk yang sedang gunakan. Jika kulit mengalami reaksi negatif, disarankan untuk menghentikan pemakaian produk dan segera kunjungi dokter spesialis kulit.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.