Sukses

Usai Bebas, Rusli Zainal Minta 'Jembatan Sakaratul Maut' Diperbaiki

Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal kembali berkumpul dengan keluarganya setelah mendapat pembebasan bersyarat.

Liputan6.com, Pekanbaru - Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal kembali berkumpul dengan keluarganya setelah mendapat pembebasan bersyarat. Gubernur dua periode itu tersandung kasus suap PON Riau dan korupsi kehutanan dengan hukuman 10 tahun penjara.

Pembebasan bersyarat Rusli Zainal diperoleh setelah disetujui oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kepulangan Rusli disambut oleh istri, kerabat dan sejumlah mantan pejabat silih berganti mendatanginya.

Saat berbincang di rumahnya dengan kerabat, Rusli sempat mengomentari sebuah jembatan rusak di Desa Igal, Kecamatan Manday, Kabupaten Indragiri Hilir. Jembatan itu sebelumnya viral karena rusak parah sehingga dijuluki warganet dengan nama "jembatan sakaratul maut".

Desa Igal tak asing bagi Rusli. Selain pernah menjadi bupati di kabupaten tersebut, daerah itu merupakan tanah kelahirannya.

Rusli langsung menghubungi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir. Dia berharap pemerintah setempat memperbaiki jalan yang pernah dibangunnya saat itu.

"Itu Mandah kampung saya, saya sampai rumah pagi tadi, baca berita jalan di Mandah yang rusak, saya telepon Kadis PU Inhil, Pak Umar agar jalan itu diperbaiki," kata Rusli di kediamannya Perumahan Nirvana, Jalan Soekarno Hatta Kota Pekanbaru, Kamis siang, 21 Juli 2022.

Rusli mengaku prihatin dengan kondisi jalan tersebut karena pernah merasakan membangun jalan itu. Jalan itu dahulunya dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau di masa Rusli.

"Dulu itu kita bangun, sekarang kondisinya memprihatinkan, kalau mikir kewenangan kelamaan, masyarakat nanti kasihan," ucap Rusli.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jembatan Viral

Sebelumnya, jembatan sakaratul maut itu viral setelah diunggah salah satu akun instagram di Riau. Penyematan itu karena bagi warga yang nekat melintas bisa terjatuh kalau tidak hati-hati.

Kabupaten Indragiri Hilir memang dikenal dengan sebutan negeri seribu parit dan seribu jembatan. Daerah itu didominasi tanah rawa dan gambut.

Video viral itu berdurasi 34 detik. Terlihat jalan seperti jembatan dicor namun sejumlah lobang menganga. Jalan itu menghubungkan sejumlah desa di Kecamatan Mandah, Indragiri Hilir atau tepatnya di Desa Igal.

Di jalan yang hanya bisa dilalui sepeda motor itu, terlihat banyak lubang berukuran besar. Bahkan lubang-lubang telah ditimpa batang pohon yang bagian atasnya telah dibuat jembatan baru dari papan seadanya.

"Ampun gais, jalan sakaratul maut ini gais. Jalan penyambung antar desa gais, salah langkah langsung beda alam," ucap seorang wanita yang mengendarai sepeda motor.

Wanita itu mengaku banyak berdoa saat lewat jalan tersebut. Sebab, kondisi jalan sangat berbahaya. Dia khawatir meninggal dunia jika terjatuh dari jalan ke dalam rawa yang dipenuhi air berwarna hitam.

"Jalan di tepi-tepi aja. Kalau salah jalan langsung pindah alam gais," kata wanita itu sambil melanjutkan perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.