Sukses

Jangan Keliru, Begini Cara Eksfoliasi Wajah Sesuai Jenis Kulit

Liputan6.com, Yogyakarta - Eksfoliasi memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan kulit wajah, di antaranya mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan tekstur kulit, serta mencerahkan kulit. Cukup lakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu pada malam hari, manfaat eksfoliasi pun sudah bisa dirasakan.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap jenis kulit memiliki cara eksfoliasi yang berbeda-beda. Agar mendapatkan hasil maksimal, simak cara eksfoliasi wajah sesuai jenis kulit berikut:

Kulit Berminyak

Pemilik kulit berminyak bisa melakukan eksfoliasi dengan cara scrub. Pilih butiran scrub yang halus atau sikat wajah dengan serat bulu yang halus dan lembut.

Selain dengan scrub, pemilik kulit berminyak juga bisa menggunakan produk eksfoliasi kimia yang mengandung BHA. Eksfoliasi kulit berminyak dapat membantu menghilangkan minyak berlebih dan mencegah jerawat berkembang.

Kulit Kering

Proses produksi sel-sel kulit mati pada kulit kering cenderung lebih cepat. Hindari melakukan eksfoliasi secara fisik di kulit kering karena dapat menjadikan kulit semakin kering dan menimbulkan iritasi.

Gunakan eksfoliasi berbahan PHA atau AHA berupa glycolic acid yang efektif untuk kulit kering. Glycolic acid dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit dan memaksimalkan proses pergantian sel-sel kulit wajah yang baru.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi merupakan perpaduan dari kulit kering dan kulit berminyak. Kulit kombinasi bisa berupa normal-berminyak (normal to oily) atau normal-kering (normal to dry).

Untuk kulit normal-berminyak, eksfoliator fisik atau kimia berupa BHA bisa menjadi pilihan. Lalu untuk kulit normal-kering, aplikasikan eksfoliator kimia yang sesuai untuk masing-masing area tersebut.

Itu lah cara eksfoliasi wajah yang tepat sesuai jenis kulit. Aplikasikan produk yang menghidrasi seperti hydrating toner atau essence sebelum memakai produk eksfoliasi.

Setelah itu, aplikasikan pelembab setelah memakai produk eksfoliasi pada malam hari. Terpenting, aplikasikan sunscreen saat pagi hari agar wajah terlindung dari sinar UV A dan UV B.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS