Sukses

Alasan Kapolres Kebumen Berikan Tanda Kasih Sepasang Domba untuk Polisi-Polisi Purna

Liputan6.com, Kebumen - Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin memiliki cara tak biasa saat mengantarkan personelnya yang memasuki masa purna tugas.

Para personel yang memasuki masa purna diberikan buah tangan dari Kapolres, sepasang domba untuk dibudidayakan mengisi kesibukan setelah pensiun.

Tentu ini bukan hal yang biasa, bahkan terkesan unik namun mengandung pesan yang dalam.

"Semoga domba yang kita berikan ini bisa terus beranak dan menjadi banyak," jelas AKBP Burhanuddin saat memimpin upacara purna bakti melepas 11 personel yang memasuki masa pensiun dari bulan Mei hingga Juni 2022 di halaman Mapolres Kebumen, Jumat (1/7/2022).

11 personel yang memasuki masa purna di antaranya adalah Kompol Purnawirawan Iskrun, mantan Kabagren Polres Kebumen dan AKBP Purnawirawan Cipto Rahayu, mantan Kabaglog Polres Kebumen.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Ragam Manfaat Domba

Personel polisi yang memasuki masa purna bisa memelihara domba sebagai kesibukan. Domba juga memiliki beragam manfaat.

Domba juga menjadi salah satu hewan yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan oleh manusia. Susu dan daging domba banyak diminati manusia untuk dibuat berbagai olahan makanan.

Kemudian kulit dan bulu domba juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan aksesori atau pakaian bagi kaum hawa.

"Sehingga jika ditekuni, ternak akan bermanfaat sekali bagi pemiliknya," ucap Burhanuddin.

Selepas memberikan sepasang domba, para personel yang purna tugas diantar kembali ke masyarakat dengan upacara pedang pora di halaman Mapolres.

Upacara ini menjadi sebuah tradisi penghormatan dan penghargaan kepada personel yang memasuki masa pensiun atas dedikasinya kepada institusi Polri.

Tim Rembulan