Sukses

Kini, Warga Kupang yang Butuh Layanan Jantung Tidak Perlu Jauh-Jauh Berobat ke Luar Pulau

Siloam Hospitals Kupang telah membuka layanan kateterisasi jantung sejak awal tahun 2022.

Liputan6.com, Kupang - Siloam Hospitals Kupang yang terletak di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu rumah sakit rujukan bagi warga yang ingin mendapatkan layanan kesehatan. Tak terkecuali, penanganan penyakit jantung dan pembuluh darah melalui pengadaan layanan unit kateterisasi (Cath Lab).

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Setidaknya, 15 dari 1.000 orang atau saat ini terdapat 4,2 juta orang yang menderita penyakit kardiovaskular, dan 2.784.064 di antaranya menderita penyakit jantung.

Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) melaporkan 14,4 persen sebab kematian di Indonesia adalah penyakit jantung koroner. Tentunya penyakit ini perlu diwaspadai oleh masyarakat, dan ketersediaan layanan kesehatan untuk pencegahan dan penanganannya sangat diperlukan.

“Utamanya, apabila terjadi serangan jantung yang mendadak, maka penanganan yang cepat dan tepat adalah kuncinya dan hingga saat ini sebagian besar masyarakat NTT masih memilih layanan Cath lab di kota besar lain, padahal kasus serangan jantung bisa berakibat fatal dan membutuhkan penanganan segera,” ujar Magma Purnawan Putra, dokter Siloam Hospitals Kupang, Selasa (24/5/2022)..

Siloam Hospitals Kupang telah membuka layanan kateterisasi jantung sejak awal tahun 2022. Hari ini, dua pasien telah berhasil menjalani proses kateterisasi jantung dengan melakukan pemasangan ring.

"Kateterisasi jantung dilakukan untuk mendiagnosis dan menangani berbagai masalah pada jantung secara minimal invasif. Contohnya tindakan pasang ring yang mungkin sering dikenal orang sebagai prosedur untuk membuka pembuluh darah jantung yang tersumbat,” ucapnya.

Dengan dibukanya  layanan fasilitas kateterisasi jantung ini, Siloam Hospitals Kupang semakin memantapkan komitmen untuk menyediakan kualitas pelayanan berstandar internasional tapi juga terjangkau bagi masyarakat Nusa Tenggara Timur.

Selain Cath Lab, pada bulan April tahun 2022 ini, Siloam Hospitals Kupang juga telah menambah layanan mammografi sebagai gold standard pemeriksaan  deteksi dini kanker payudara dan pada pertengahan tahun, berencana untuk membuka layanan MRI.

Dengan demikian, warga Kupang sendiri tidak perlu jauh-jauh ke luar pulau dan menghabiskan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan pengobatannya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.