Sukses

Mensesneg Pratikno dan Panglima TNI Andika Perkasa Jadi Saksi Pernikahan Adik Jokowi

Liputan6.com, Solo - Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dijadwalkan akan menjadi saksi pernikahan adik Presiden Joko Widodo, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, pada Kamis (26/5/2022).

"Saksi dari pihak perempuan Bapak Pratikno, dari pihak laki-laki Pak Andika Perkasa," kata Kepala KUA Banjarsari Kota Surakarta Arba'in Basyar, Senin (23/5/2022)

Meski demikian, pihaknya belum dapat memastikan apakah keduanya akan datang pada acara geladi bersih yang dilakukan pada H-1 hari pernikahan.

Sebelumnya, pada kunjungannya ke Solo, Minggu (22/5/2022) Anwar Usman mengatakan salah satu yang dilakukan adalah mengurus persiapan pernikahan keduanya.

"Saya diminta datang (oleh KUA, red.) ya saya datang. Memenuhi panggilan KUA dan putri Solo," katanya.

Terkait dengan pernikahannya mendatang, ia mengaku tidak ada persiapan khusus yang dilakukan.

Ia juga mengaku tidak merasakan grogi menjelang hari H pernikahan.

"Biasa saja, ini kan melaksanakan sunah Rasul," katanya, seraya menampik soal isu 'pernikahan politik'.

Ada tiga hal yang menjadi hak Allah SWT, katanya, salah satunya terkait dengan jodoh.

"Ingat tiga hal, kematian, rejeki, jodoh itu hak Allah. Kalau kita mengingkari, nauzubillah. Mau melawan Allah? Saya nggak berani," katanya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Presiden Jokowi Jadi Wali Nikah

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menjadi wali nikah adik kandungnya, Idayati yang akan melangsungkan pernikahan  di Gedung Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah itu. 

"Ya, rencana wali nikah saya, Pak Jokowi," kata Idayati.

Acara ijab kabul rencana digelar di Gedung Graha Saba Buana Jalan Letjen Suprapto No.80-B, Sumber, Banjarsari, Solo, pada 26 Mei 2022 mendatang.

Namun, Idayati enggan memberikan keterangan waktunya pada pukul berapa acara ijab kabul dengan Ketua MK Anwar Usman itu. Bahkan, Idayati juga merahasiakan soal jumlah berapa tamu undangan yang akan hadir dalam pernikahannya.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Surakarta Arbain Basyar mengatakan membenarkan Presiden Jokowi akan menjadi wali nikah Idayati dengan Ketua MK Anwar Usman.

Menurut dia, karena Idayati masih memiliki kakak kandung laki-laki yakni Presiden Jokowi otomatis yang akan menikahkan beliau. Presiden selaku wali dari Idayati.

KUA Banjarsari telah menyiapkan teks ijab untuk Bapak Jokowi dalam dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Bapak minta semacam teks dan sudah dibuatkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa.

"Kami selain menyiapkan teks ijab, juga menyiapkan teks kabul yang akan dibaca oleh calon putra Anwar Usman," katanya.

Ketua KUA Banjarsari, Surakarta, Arbain Basyar yang akan bertindak sebagai penghulu dalam pernikahan tersebut.

"Insya Allah saya sendiri sebagai penghulu dalam pernikahan Idayati-Usman," katanya.