Sukses

Berkah Ramai-Ramai Berlebaran di Pantai Manggar Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan - Kebijakan pemerintah selama libur lebaran membuat sejumlah tempat wisata di Kota Balikpapan ramai dikunjungi masyarakat. Salah satunya di Pantai Segara Sari Manggar, Balikpapan Timur. Bahkan, di pantai ini tak hanya warga Kota Minyak saja yang antusias berwisata di sana, pengunjung luar kota juga datang berlibur ke pantai ini.

Selama libur lebaran ini, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, mencatat sebanyak 47.900 orang mengunjungi Pantai Manggar. Dengan tingginya kunjungan wisatawan ini membawa berkah bagi pendapatan daerah. Disporapar mencatat pendapatan daerah dari Pantai Manggar mencapai Rp562.850.000.

"Pengunjung di Pantai Manggar selama libur Lebaran 2022 memang meningkat signifikan. Sehingga pendapatan juga ikut meningkat. Pendapatan meningkat drastis, karena pengunjung tiap hari jumlahnya naik terus," terang Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma, saat dikonfirmasi Rabu (11/5/2022).

Meski demikian, pemasukan tersebut tidak sebanding dengan saat pandemi maupun sebelumnya. Karena menurutnya, kunjungan tidak seramai seperti sekarang ini.

"Kalau tahun sekarang, memang antusias masyarakat tinggi. Jadi enggak salah kalau kunjungan membludak," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Pengunjung dari Luar Balikpapan

Adapun mereka yang datang ke Pantai Manggar bukan hanya dari Balikpapan, melainkan juga dari luar kota seperti Bontang, Tenggarong, Samarinda, Samboja. Makanya, setiap hari setelah layanan pihaknya melakukan evaluasi jangan sampai terjadi kemacetan, kemudian terus memberikan kenyamanan menikmati objek wisata pantai manggar.

Selain pendapatan daerah, membeludaknya kunjungan wisatawan ke Pantai Manggar juga membawa angin segar bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di sana. Pendapatan mereka ikut meningkat.

"Itu sudah jelas. Keputusan pemerintah untuk membuka Pantai Manggar saat libur Lebaran 2022 ini juga memulihkan ekonomi para UMKM. Pendapatan mereka ikut naik, dari yang sebelumnya sangat sepi," pungkas mantan Direktur RSUD Beriman Kota Balikpapan itu.

 

Simak video pilihan berikut ini: