Sukses

VietJet Air Kembali Mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Usai Terhenti Sejak Pandemi

Bandara I Gusti Ngurah Rai layani penerbangan VietJet Air rute Ho Chi Minh City-Bali PP. VietJet Air menjadi maskapai ke-13 yang melayani rute internasional reguler di Bali.

Liputan6.com, Denpasar Adanya kelonggaran persyaratan penerbangan yang diberlakukan pemerintah membuat beberapa maskapai internasional kembali membuka rute penerbangannya ke Indonesia khususnya Bali. Sebelumnya, sudah beberapa maskapai yang datang ke Bali, kini Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali membuka rute penerbangan Ho Chi Minch City-Bali dengan maskapai asal Vietnam, VietJet Air. Rute ini mulai beroperasi Kamis (28/4/2022) siang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, penerbangan perdana dengan nomor penerbangan VJ893 mengangkut 201 penumpang, mendarat di runway Bandara Bali pukul 13.38 Wita.

"Kami menyambut baik kembalinya maskapai VietJet, yang sebelumnya telah menghubungkan Bali dengan Vietnam," katanya di Denpasar, Jumat (29/4/2022).

Ia menyebut pesawat yang sama kemudian kembali terbang ke Ho Chi Minh City pada pukul 14.33 Wita mengangkut 72 penumpang dengan nomor penerbangan VJ894.

Sebelumnya, maskapai tersebut telah melayani rute Ho Chi Minh City-Bali sejak Mei 2019 hingga awal pandemi. Namun, lantaran pandemi Covid-19 tersebut membuat beberapa maskapai asing terpaksa menghentikan pengoperasian rute ke Bali salah satunya VietJet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

13 Maskapai Asing Beroperasi di Bali

Faik menuturkan kembali beroperasinya maskapai tersebut ke Bali dinilai sangat baik lantaran Bali adalah rute tujuan internasional yang masih sangat dinanti bagi warga dunia.

"Kami optimistis pembukaan kembali rute ini akan dapat menunjang pertumbuhan penumpang rute internasional di Bali, serta secara langsung berkontribusi positif terhadap perekonomian Bali," tutur dia.

Sementara itu, beroperasinya maskapai VietJet Air saat ini Bandara I Gusti Ngurah Rai sudah melayani 10 rute penerbangan internasional reguler, yaitu Singapura, Melbourne, Sydney, Tokyo, Kuala Lumpur, Doha, Istanbul, Perth, Bangkok, dan Ho Chi Minh City.

Untuk diketahui, VietJet Air juga resmi menjadi maskapai penerbangan ke-13 yang menghubungkan Bali dengan kota-kota di dunia, setelah Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Jetstar Asia, KLM Royal Dutch, Scoot, Malaysia Airlines, Jetstar Airways, Qatar Airways, AirAsia, Turkish Airlines, Thai AirAsia, dan Qantas.

Sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 3 Februari silam, tercatat hingga Kamis 28 April 2022 sebanyak 859 pergerakan pesawat dan 133.083 penumpang terlayani. Sebanyak 79.326 penumpang dan 435 pergerakan pesawat yang datang ke Bali, serta 53.757 penumpang dan 424 pergerakan pesawat yang berangkat meninggalkan Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.