Sukses

Selain Menjaga Arus Lalu Lintas, Wakapolri Ingatkan Aparat Pentingnya Mitigasi Bencana di Jalur Mudik

Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengamanatkan tiga pesan penting bagi petugas kepolisian, selain fokus mengamanakan jalur mudik selama mudik lebaran 2022 berlangsung.

Liputan6.com, Garut Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mengamanatkan tiga pesan penting bagi petugas kepolisian, selain fokus mengamankan jalur mudik selama mudik lebaran 2022. "Pertama bagaimana kita mengurangi titik-titik kemacetan," ujarnya di pos terpadu Limbangan, Garut, Senin (25/4/2022).

Kemudian, jaga keamanan dan kondusivitas lingkungan masyarakat, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan yang berpotensi mengganggu dan meresahkan masyarakat selama mudik lebaran 2022. "Intinya kita minimalkan gangguan Kamtibmas yang ada," kata dia.

Terakhir, pentingnya masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk menghindari terjadi penyebaran Covid-19 selama momen mudik lebaran 2022.

"Kita mengimbau masyarakat yang melaksanakan mudik dan tinggal di sini datang ramai-ramai ke tempat vaksinasi yang telah disiapkan bagi mereka yang belum vaksin dan booster," pinta dia.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono menambahkan, selain melakukan rekayasa lalu lintas pemudik di sepanjang jalur mudik Limbangan-Malangbong, pihaknya telah menyediakan sejumlah mitigasi bencana.

"Kami mengimbau masih tingginya curah hujan di Garut khususnya di jalur mudik selalu berhati-hati," kata dia.

Beberapa ancaman bencana alam di tengah masih tingginya curah hujan saat ini di jalur selatan antara lain tanah longsor, luapan banjir, dan sebagainya.

"Kami akan lakukan antisipasi salah satunya menyiapkan alat berat di jalur Limbangan ini, ada tiga yang kita siapkan," ujarnya.

Seperti diketahui mudik lebaran 2022 sudah dimulai. Diperkirakan sekitar 85 juta penduduk Indonesia bakal melakukan mudik nasional tahun ini.

Setelah dua tahun terhenti saat pandemi Covid-19, tahun ini prosesi tahunan migrasi besar penduduk Indonesia dalam perayaan Idul Fitri kembali dibuka pemerintah, sehingga membutuhkan persiapan matang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.