Sukses

Belasan Sopir Bus Terminal Garut Tes Urine Jelang Mudik Lebaran, 1 Positif Narkoba

Tes urine dilakukan untuk memastikan kondisi para sopir sehat menjelang musim mudik Lebaran 2022.

Liputan6.com, Garut - Sepekan mendekati puncak mudik nasional 2022, belasan sopir dan kernet bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) Terminal Tipe A Garut, mengikuti tes urine.

“Pemeriksaan urine ini berkala sehubungan untuk mencegah kecelakaan karena sopir menggunakan narkoba dalam mengemudi,” ujar Kasat Narkoba Polres Garut AKP Jimmy Ridwan Sihite, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kegiatan itu rutin kerjasama Narkoba Polres Garut, BNN dan Dinas Perhubungan Garut itu, dilakukan untuk memastikan kondisi para sopir sehat, tidak terpengaruh narkotika dan obat terlarang, terutama dalam melayani penumpang mudik Lebaran 2022.

Total ada sekitar 15 sopir dan kernet armada bus yang dilakukan pemeriksaan tes urine secara acak tersebut. “Sekitar 14 orang negatif dan satu orang positif,” kata dia.

Ihwal temuan satu orang positif, Jimmy belum memastikan bahan dan jenis narkotika yang dikonsumsi kernet salah satu armada bus tersebut.

“Kami akan lakukan lagi pemeriksaan untuk meyakinkan betul, kita dalami dulu, sebab hasil pemeriksaan berbeda dengan keterangan yang disampaikan,” kata dia.

Untuk menghindari terjadinya kecelakaan akibat pengaruh narkotika dan obat terlarang saat mudik lebaran 2022 ini, ia menghimbau seluruh sopir dan kernet bus menghindari penyalahgunaan barang haram tersebut.

“Pemeriksaan ini untuk memastikan agar perjalanan jauh lebih hati-hati mengemudi,” kata dia mengingatkan.

Kepala Terminal Tipe A Guntur Melati Garut Sofyan Hidayat mendukung upaya tes urine terhadap belasan sopir AKAP-AKDP tersebut. Kondisi itu, merupakan hal yang biasa dilakukan pemerintah menjelang momen besar nasional.

“Memang hanya sampling saja sampai jauh mana dari para awak di sini sehat atau tidaknya,” kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.