Sukses

Sup Pedas Legendaris di Yogyakarta Terkenal Redakan Gejala Flu

Warung sup merah Bu Asih cukup legendaris, karena berjualan sejak tahun 1993.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebuah warung sederhana di sudut pertigaan lampu merah Tungkak Jalan Kolonel Sugoyono Yogyakarta mulai terlihat ramai sejak dibuka mulai pukul 10.00 WIB. Terlihat beberapa orang karyawan dengan cekatan melayani pembeli, mondar-mandir mengantarkan pesanan dari meja ke meja.

Di warung itu, tak ada papan nama yang terlihat dipasang. Namun, para pelanggannya biasa menyebutnya dengan nama Warung Sup Merah Bu Asih atau Warung Sup Merah Tungkak.

"Ini resep turun-temurun dari nenek saya, masih sama persis cita rasanya saat pertama kali buka," tutur Bu Asih pada Sabtu (19/3/22).

Warung sup merah Bu Asih cukup legendaris, karena berjualan sejak tahun 1993. Di dalam warung tampak berjejer baskom berisi potongan-potongan bagian daging ayam yang siap dijadikan tambahan isian dalam mangkuk-mangkuk sup pesanan.

Di warung sup ini pelanggan dapat memilih aneka potongan ayam yang ingin ditambahkan sesuai selera. Sepiring nasi, sup merah yang pedas, dan teh hangat menjadi primadona di warung ini. Aroma khas kaldu menguar bersamaan dengan asap tipis dari mangkuk-mangkuk sup pedas yang terhidang di meja.

Ditambah suwiran daging dan ceker ayam yang memenuhi mangkuk bersama telur rebus, potongan kubis, wortel, seledri, daun bawang, serta kuah sup berwarna merah. Seperti namanya sup ayam racikan Bu Asih memang punya ciri khas berupa kuah berwarna merah hasil pencampuran pasta cabai.

Cita rasanya pun tidak hanya gurih seperti sajian sup pada umumnya, tapi juga pedas. Tak hanya sup berkuah merah, Bu Asih juga menyediakan menu sup berkuah bening tanpa tambahan pasta cabai jika ingin menikmati sup yang tidak pedas.

Selain kuah merahnya, isian sup yang bisa dipilih sesuka hati juga memberikan kesan tersendiri di kalangan pelanggannya. Tak mengherankan, para pelanggannya rela kembali lagi meski harus mengantre panjang.

Kuliner Yogyakarta ini memang paling cocok dinikmati hangat-hangat di kala cuaca dingin seperti saat musim hujan. Kuliner yang satu ini pun dipercaya sebagai salah satu makanan yang mampu mencegah efek samping flu seperti hidung tersumbat serta sakit tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Selain itu, campuran sayur-sayuran serta kaldu dalam sup pun bisa meningkatkan nutrisi dalam tubuh. Satu porsi sup ayam Bu Asih dibanderol mulai dari Rp 13.000 dengan aneka pilihan isian ayam yang dibanderol mulai dari Rp 1000 saja.

Sup merah Bu Asih Yogyakarta buka setiap hari mulai pukul 10.00 WIB sampai habis pada malam hari.

 

Penulis: Tifani

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.